09 December 2022, 09:00 WIB

Ini Kelebihan Minyak Hazelnut Dibanding Minyak Lainnya


Devi Harahap |

Kacang hazelnut dikenal sebagai salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki rasa manis dan aroma yang khas. Kacang yang berasal dari pohon Corylus ini, biasanya sering ditemukan pada beragam olahan makanan atau minuman.

Hazelnut memiliki tekstur kulit berserat halus dan kacang berbentuk bulat. Bijinya yang biasa dipanggang atau digiling ini punya banyak manfaat. Tidak hanya enak dikonsumsi dan diolah menjadi kue coklat yang lezat seperti nutella, kacang yang satu ini ternyata juga bisa diekstraksi menjadi sebuah minyak yang kaya akan kandungan antioksidan, protein, lemak, dan vitamin E.

Consumer Reports menjelaskan trend yang berkembang memperlihatkan bahwa telah terjadi pergeseran terhadap pemakaian minyak goreng yaitu dari jenis standar ke penawaran yang lebih unik yaitu minyak dari wijen panggang dan bahkan minyak kemiri serta minyak hazelnut. Meskipun kelihatannya aneh, ternyata minyak hazelnut lebih serbaguna dari yang Anda kira.

Seperti banyak minyak kacang lainnya, hazelnut menjalani proses ekstraksi yang serupa. Menurut Oregon Hazelnuts, olahan kacang hazelnut dapat dipanggang atau digiling saja sebelum ditekan secara mekanis untuk mengekstrak minyak dari isi kacang tersebut. Cairan yang dihasilkan memiliki warna yang mirip seperti emas hingga kuning dengan aroma dan rasa yang sangat pedas saat dirasakan.

Minyak hazelnut sangat cocok untuk dikonsumsi bersama dengan sesuatu makanan yang manis atau gurihm minyak ini juga memiliki kekuatan untuk mengubah hidangan yang paling menjemukan sekalipun dan cocok untuk dimasukkan sebagai bumbu masak tertentu.

Dalam segi harga, jika dibandingkan dengan minyak lainnya, situs Delighted Cooking mencatat bahwa olahan minyak hazelnut sering kali dijual dengan harga yang lebih tinggi. Hal itu menjadikannya sebagai salah satu minyak termahal dan terbaik di dunia.

Sama seperti Anda menggunakan minyak truffle untuk menghias risotto, sayuran panggang, atau tartare, minyak hazelnut dapat memberikan sentuhan rasa dengan aroma lezat dalam hidangan apapun.

Meskipun demikian, Fine Dining Lovers yang dilansir dari Tasting Table merekomendasikan untuk bahan daging dan sayuran, selain bisa diolesi dengan minyak Hazelnut, Anda juga bisa mencampurkannya dengan minyak zaitun. Terutama saat menyiapkan saus tomat, saus pesto, dan bumbu perendam lainnya hingga  saus mayones, agar mengahasilkan rasa manis dan pedas dari kedua minyak tersebut.  

Tentu saja, jika Anda menyukai makanan manis, maka tambahkan sedikit saja minyak aromatik pada jenis makanan yang dipanggang. Hal ini juga berlaku untuk salad buah dan es krim. Namun, jika aroma dan rasa minyak hazelnut  terbukti terlalu kuat untuk selera Anda, sebaiknya gabungkan dengan minyak yang lebih lembut dan netral untuk menciptakan sedikit keseimbangan rasa. (M-3)

 

BERITA TERKAIT