03 December 2022, 12:12 WIB

Kecanggihan di Atas Rata-rata Diisukan Hadir di Telepon Pintar Tesla


Putri Rosmalia |

Elon Musk tak pernah lelah membuat kejutan dan keseruan di kalangan netizen. Beberapa hari ini, media sosial diramaikan dengan isu rencana perilisan smartphone atau telepon pintar Tesla. Berbagai fitur dengan kecanggihan di atas rata-rata diprediksi akan hadir dalam perangkat telepon pintar Tesla tersebut.

Dilansir dari lifewire.com, Sabtu, (3/12), hingga saat ini belum ada pernyataan resmi tentang rencana peluncuran telepon pintar Tesla tersebut. Baik dari Elon Musk maupun pihak Tesla. Namun, spekulasi terus bermunculan karena Musk telah beberapa kali membuat cuitan tentang telepon pintar Tesla.

"Jika Apple dan Google menghalangi Twitter dari perangkat mereka, Elon Musk rasanya perlu membuat telepon pintarnya sendiri. Banyak orang pasti akan senang dengan adanya alternatif selain Apple dan Android. Dia bisa membuat roket untuk pergi ke Mars, harusnya membuat telepon pintar bukan hal yang sulit kan?" tulis seorang pengguna Twitter, Liz Wheeler.

Cuitan Wheeler tersebut rupanya dibaca dan dibalas oleh Musk. Musk mengatakan kalau memang dirasa perlu ia tak ragu untuk memproduksi telepon pintar Tesla.

“Kuharap hal terkait Apple dan Android pada Twitter itu tak akan terjadi. Namun, kalau benar sampai terjadi, aku tak punya pilihan selain membuat telepon pintar sebagai alternatif,” ujar Musk.

Sementara itu, meski belum ada kepastian, isu tentang telepon pintar Tesla sebenarnya telah ada sejak tahun 2021 lalu. Berbagai pihak telah berspekulasi tentang spesifikasi yang akan hadir di telepon pintar Tesla nantinya. Kecanggihan di atas rata-rata diprediksi akan ditawarkan dalam telepon pintar Tesla tersebut nantinya.

Beberapa hal yang diisukan akan hadir sebagai fitur di telepon pintar Tesla ialah internet berbasis satelit, pengisian daya dengan tenaga surya, pengontrol jarak jauh kendaraan, astrofotografi, penambangan kripto, koneksi dengan Neuralink.

Saat ini teknologi telepon pintar tercanggih masih mengandalkan teknologi 5G sebagai penunjang jaringan internet. Dengan kepemilikan atas perusahaan eksplorasi ruang angkasa dan ribuan satelitnya, telepon pintar Tesla diisukan akan terhubung dengan satelit luar angkasa milik Starlink sebagai penunjang aktivitas internetnya. Jika benar, kecepatan internet telepon pintar Tesla akan memiliki kecepatan luar biasa.

Tesla diketahui memiliki pabrik yang memproduksi teknologi panel surya. Karena itu, pengisian daya dengan mengandalkan tenaga surya dikabarkan juga akan hadir pada telepon pintar Tesla. Untuk karena, diyakini telepon pintar Tesla akan memiliki kecanggihan kamera yang bisa bekerja layaknya teleskop ruang angkasa atau dengan fitur astrofotografi.

Saat ini telah ada aplikasi Tesla yang dapat digunakan pengguna mobil Tesla untuk mengontrol mobilnya lewat perangkat telepon pintar. Nantinya diisukan telepon pintar Tesla akan memiliki berbagai tombol yang memudahkan kontrol jarak jauh mobil Tesla tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan yang memerlukan banyak ruang penyimpanan.

Dua fitur yang disebut akan paling mengejutkan jika benar dihadirkan di telepon pintar Tesla adalah panambang kripto atau crypto mining dan konektivitas dengan Neuralink. Seperti diketahui penambangan kripto saat ini masih menjadi hal yang sulit dilakukan dan membutuhkan sumber daya energi, komputer, serta manusia yang besar. Akan menjadi sejarah baru jika benar penambangan kripto bisa dilakukan lewat sebuah perangkat telepon pintar.

Sementara itu, Neuralink adalah perusahaan neuroteknologi milik Musk yang tengah mengembangkan teknologi antarmuka otak-komputer. Saat ini Neuralink tengah bersiap melakukan uji klinis pada manusia. Mereka menargetkan bisa membuat cip komputer yang bisa ditanam di otak manusia.

(M-4)

BERITA TERKAIT