03 December 2022, 11:25 WIB

Lima Manfaat Mendengarkan Musik saat Berolahraga


Nike Amelia Sari |

Sejumlah orang memerlukan musik untuk melewati hari-harinya. Baik dalam kondisi sedih ataupun bahagia, kehadiran musik dapat membuat hidup jadi lebih bergairah. Menurut Ronna Kaplan, pengawas klinis dan fakultas terapi musik tambahan di Cleveland State University, musik baik untuk kesehatan mental.

Musik dapat menjadi teman manusia dalam berbagai situasi. Salah satunya adalah saat berolahraga. Melansir dari situs Huffpost.com, Jumat (2/12), tak hanya menambah semangat, mendengarkan musik saat berolahraga ternyata juga memiliki berbagai dampak positif. Berikut ini lima manfaat mendengarkan musik saat berolahraga.

1. Menjaga ritme

Musik akan membantu tubuh menemukan ritme yang tepat ketika berolahraga. Hal itu disebut Direktur Institut Musik dan Kesehatan, Berklee College of Music, Boston, Joy Allen, sebagai entrainment ritmis. Entrainment ritmis adalah reaksi alam bawah sadar manusia untuk bergerak sesuai dengan irama musik yang ia dengarkan.

"Tubuh kita akan bergerak bersamaan dengan suara atau ritme itu. Jadi, saat berolahraga, tubuh Anda secara otomatis sejalan dengan tempo musik karena otak kita terhubung dengan ritme," kata Allen.

Karena itu, sebelum olahraga sangat baik untuk menyusun daftar putar lagu lebih dulu agar sesuai dengan jenis olahraga yang akan dilakukan.

2. Menambah Performa

Jika mencari tantangan tambahan, pilih lagu dengan ritme lebih cepat dari rata-rata langkah lari atau berjalan. Hal itu akan membantu tubuh bergerak lebih cepat selama latihan.

Mulailah dengan lagu bertempo lambat dan secara bertahap tingkatkan kecepatan dengan memilih lagu dengan ketukan yang lebih cepat. Cara tersebut akan membantu otot untuk lebih mudah menyesuaikan diri dan tidak kram.

3. Musik dapat memotivasi.

Musik yang didengarkan selama latihan membantu meningkatkan motivasi bergerak lebih lama. Memilih lagu favorit dapat meningkatkan semangat. Jika bosan dengan cara tersebut, cobalah untuk memutar lagu secara acak. Mendengarkan lagu yang tak terduga secara acak dapat menghadirkan sensasi mengejutkan dan menyenangkan yang menambah energi untuk olahraga.

4. Musik mengalihkan perhatian

Sudah bukan hal aneh jika lagu dapat menghadirkan kenangan bagi pendengarnya. Memutar lagu yang memiliki kenangan tertentu dapat membuat pikiran seseorang mengembara ke berbagai hal di masa lalu atau momen lain di hidupnya. Hal itu akan mengalihkan rasa malas dan lelah yang rentan muncul selama berolahraga.

5. Manfaat layaknya meditasi

Mendengarkan musik sambil berolahraga ternyata bisa menghadirkan manfaat layaknya meditasi pada tubuh. Olahraga dapat membuat tubuh segar dan sehat karena metabolismenya yang berjalan baik. Sementara itu, musik dapat memperbaiki suasana hati. Ketika dua hal itu dipertemukan, dampaknya pada tubuh akan lebih besar, layaknya meditasi.

(M-4)

BERITA TERKAIT