01 December 2022, 20:10 WIB

Ini Rahasia Chef Memasak Daging Steak agar Empuk dan Juicy


Mediaindonesia.com |

Kunci dalam memasak daging steak agar mendapatkan daging yang empuk dan juicy adalah jangan terlalu sering membolak-balik daging ketika dimasak.

Head Chef of Raffles Hotel Matias Ayala berbagi tips ini untuk mendapatkan rasa daging yang segar, tidak keras dan bertekstur lembut.

"Jangan membalik daging terlalu cepat juga, itu akan membuat dagingnya lebih berair atau juicy," ujar Chef Matias saat berbincang dalam acara "Trade & Create Australia" di Jakarta, Rabu (30/11).

Lebih lanjut, Chef Matias mengatakan setelah daging dikeluarkan dari lemari pendingin lebih baik didiamkan terlebih dulu pada suhu ruangan. Sebab, daging yang dimasak langsung akan memiliki rasa berbeda.

Saat memanggang, diusahakan untuk tidak terlalu sering membolak-balik. Diamkan hingga warna berubah agar lemak dapat terbakar dengan maksimal.

Lemak yang terbakar secara merata tersebut akan membuat daging lebih juicy. "Saat kita menunggu, ada sesuatu yang terjadi dengan warna dagingnya dan akan lebih berasa juicy, jadi bersabarlah," kata Chef Matias.

Setelah daging matang sesuai tingkatan yang diinginkan, sebisa mungkin untuk tidak langsung memotongnya. Diamkan sejenak sekira satu hingga tiga menit sebelum memakannya agar lebih lembut.

Selain itu, untuk membuat daging terasa lebih lembut bisa direbus terlebih dulu. Sedikit banyak air yang digunakan juga dapat mempengaruhi rasa akhir daging.

"Kita harus berhati-hati dalam memasak, bila airnya kurang maka daging akan cepat matang. Semakin banyak air, akan semakin lama masaknya dan dagingnya akan semakin lembut," katanya. (Ant/OL-12)

BERITA TERKAIT