01 December 2022, 11:30 WIB

Cara Mengolah Bawang Putih yang Tepat untuk Masakan


Devi Harahap |

Bawang putih adalah salah satu tanaman hortikultura pertama yang ditemukan pada budaya India dan Mesir sekitar 5.000 tahun yang lalu. Bawang putih tak hanya membuat rasa masakan jadi lezat, tapi juga menambah aroma sedap.

Agar manfaat bawang putih bisa maksimal sebaiknya Anda mengolah bawang putih secara tepat. Jika Anda salah dalam proses pengolahan, bisa-bisa manfaat bawang putih yang seharusnya dapat terserap oleh tubuh malah justru hilang begitu saja.

Berikut beberapa tips dalam mengelola bawang putih mulai dari cara memotongnya hingga jangan masak sampai gosong, seperti dilansir dari Tasting Table.

1. Pakai Bawang Putih Siung

Bawang putih bisa menghasilkan rasa yang kuat ketika menggunakannya dengan cara dicincang. Kalau Anda tidak menyukai bawang putih, bisa menggunakan dalam kondisi utuh atau siung dan jangan mencincangnya karena aromanya akan langsung menyebar. Tak hanya aroma, tapi juga rasanya lebih kuat.

2.Gunakan Bawang Putih Segar
Saat membeli bawang putih, usahakan kondisinya masih segar. Bawang putih yang segar mengandung allicin, yaitu senyawa yang berperan sebagai antibakteri untuk mengurangi infeksi, peradangan, dan sebagainya.  

Sebaiknya jangan membeli bawang putih yang sudah dikupas ataupun dicincang. Jika sudah terkupas, kondisi bawang putih juga bisa cepat membusuk. Para peneliti di Jepang menemukan jika bawang putih disimpan dalam minyak sayur senyawa, allicin ini hanya bisa bertahan dalam 3 jam saja. Sedangkan jika disimpan di dalam air daya tahannya bisa mencapai enam hari.

3. Haluskan Bawang
Umumnya, bawang putih diolah dengan cara diiris dan dicincang (dirajang). Namun ternyata, cara terbaik untuk mendapatkan semua manfaat bawang putih adalah dengan cara dihaluskan. Karena jika dinding sel bawang putih rusak, kandungan enzim di di dalamnya akan semakin mudah keluar dan cepat bereaksi dengan oksigen.

4. Pahami Cara Mengupas
Sebaikya Anda mengupas kulit bawang terlebih dahulu sebelum mengubahnya menjadi bentuk cincang atau irisan. Ada cara mengupas bawang putih yang praktis untuk dilakukan, yaitu bisa direndam air hangat telebih dahulu. Pertama masukkan bawang putih ke dalam mangkuk berisi air hangat hingga 20 menit. Setelah setidaknya 15 menit, keluarkan bawang putih utuh itu dari air dan gosokkan di telapak tangan untuk menghilangkan kulitnya.

5. Jangan Sampai Gosong
Saat memasak menggunakan campuran bumbu bawang putih, jangan menggunakan api yang besar karena hal ini bisa membuat bawang putih menjadi cepat gosong. Usahakan untuk tetap menjaga ukuran api tetap stabil, karena saat bawang putih gosong maka tidak hanya membuat cita rasa masakan jadi tidak enak dan pahit, melainkan juga menghilangkan gizi yang terkandung di dalamnya.

6. Simpan di Freezer
Kalau memiliki bawang putih yang banyak, Anda bisa menyimpannya dengan cara dibekukan di dalam freezer. Bawang putih yang dipanggang dengan minyak zaitun juga dapat dibekukan. Ketika disimpan dengan cara dibekukan, bawang akan bisa awet sampai 6 bulan. Kurangnya kelembapan akan menyebabkan bawang putih menghitam, pahit, dan gosong. (M-3)

 

BERITA TERKAIT