30 November 2022, 08:51 WIB

'Crazy Rich Ramen' ini Dibanderol Rp3,1 Juta Seporsi


Devi Harahap |

Ramen adalah makanan khas Jepang berupa mi ang biasanya disajikan dengan kuah kaldu dan topping berupa irisan daging babi atau ayam. Di Jepang, ramen ditawarkan dengan penyajian yang klasik berupa kuah kaldu dan shoyu. Saat ini, pasar ramen instan sedang booming, nilainya diprediksi mencapai hampir US$66 miliar dollar  atau sekitar 1 Kuadriliun pada akhir 2027.

Saat ini banyak kreasi ramen yang unik. Salah satunya adalah ramen yang disajikan mewah dengan tambahan saus jamur truffle, sebuah jenis jamur paling mahal di dunia. Jika pada umumnya semangkuk ramen dibanderol Rp50 ribu sampai ratusan ribu, ramen saus jamur truffle dijual dengan harga Rp3,1 juta per porsi.

Ramen dengan tambahan truffle ini adalah produk mi instan Taiwan bernama A-Sha. Ramen ini disebut sebagai 'Crazy Rich Ramen' karena kemewahannya. Produk ramen truffle ini ternyata sedang berkolaborasi dengan toko truffle di New York, Amerika Serikat bernama The Truffleist.

Seperti dilansir dari Tasting Table, Ramen termahal di dunia itu dijual dalam satu set yang berisikan 8 porsi mi gandum. Uniknya, mi yang ditawarkan tidak dalam bentuk kering seperti mi instan kemasan pada umumnya, melainkan masih basah namun dikemas siap masak. Sebelum disajikan, Anda harus merebusnya selama beberapa menit saja.

Setelah itu, ramen instan tersebut bisa disajikan dengan bumbu dan saus yang telah disediakan oleh A-Sha. Ada minyak wijen, saus truffle yang terbuat dari paduan zaitun hitam, dan jamur truffle.

Kekentalan kaldu membuat banyak orang ketagihan untuk mencoba lagi. Kuah ramen ini terbuat dari saripati rebusan tulang ekor sapi. Ramen ini menggunakan mi tipis, tumis asparagus hijau, telur, serpihan bonito, dan taburan emas.

Racikan ramen truffle ini juga harus disajikan dengan minyak truffle agar aromanya semakin membuat sedap santapan ramen. Setelah itu, berikan lembaran emas edible yang bisa dimakan.

Ramen truffle ini cocok sekali disajikan di rumah saat sedang makan malam bersama pasangan atau keluarga di saat di udara dingin. Ramen truffle tersebut juga cocok dijadikan hadiah karena tampilan kemasan boksnya yang mewah. Meski harganya selangit, pelanggan akan sepadan mendapatkan cita rasa yang lezat.(M-3)

 

BERITA TERKAIT