29 November 2022, 06:05 WIB

Ini Alasan Telur Tidak Pelu Dicuci


Nike Amelia Sari |

SAAT membeli telur, tidak jarang kita mendapati kotoran pada cangkangnya. Sebab itu, wajar kita ingin mencucinya sebelum disimpan.

 

Memang ada pula yang membedakan urgensi mencuci telur tergantung dengan cara penyimpanan. Penyimpanan di luar kulkas, tidak perlu dilakukan dengan mencuci telur. Namun penyimpanan di kulkas membolehkan pencucian telur karena kekhawatiran kotoran pada cangkang akan mencemari isi kulkas dan selain itu suhu dingin sudah menggantikan fungsi pengawetan dari lapisan alami cangkang.

 

Nyatanya, pencucian telur harus dihindari, apapun cara penyimpanannya. Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) dan ahli gizi mengatakan bahwa mencuci telur tidak diperlukan sebab justru akan memperparah kontaminasi bakteri Salmonella ke dalam telur.

 

Menurut USDA (United States Department of Agriculture), ada peraturan yang mewajibkan pencucian semua telur yang diproduksi secara komersial.  Proses menghilangkan lapisan pelindung alami yang disebut "mekar" atau "kutikula" dari permukaan telur. 

 

“Jika Anda mencuci telur sebelum memasaknya, karena cangkangnya berpori, air dapat mendorong bakteri ke dalam telur,” kata Amy Leigh Mercree, pakar kesehatan holistik dan penulis laris dari sepuluh buku termasuk The Mood Book, seperti dikutip dari situs Reader's Digest, majalah kesehatan. Dia mengatakan bahwa ini terutama benar jika Anda menggunakan air dingin atau air mengalir. 

 

Apabila Anda masih tetap ingin mencucinya, Mercree menyarankan Anda menggunakan air hangat dan tidak menggunakan sabun.  Air cucian harus dipastikan hangat, tetapi tidak mendidih. Selain itu, telur tidak boleh dibiarkan dalam genangan air. Telur harus segera dikeringkan setelah dicuci.

 

Untuk penyimpanan di dalam kulkas, tanpa mencuci telur maka anda disarankan dengan tetap membiarkan telur dalam kemasannya. Sementara, jika anda membeli telur tanpa kemasan maka anda cukup menyiapkan wadah tertutup sendiri. Dengan begitu, kotoran yang ada pada cangkan telur tidak akan mengotori kulkas ataupun terkena ke makanan lainnya. (M-1)

BERITA TERKAIT