05 November 2022, 11:40 WIB

Podcast Horor jadi Konten Paling Diminati Pendengar Indonesia


Fathurrozak |

Konten horor ternyata merupakan genre yang paling digandrungi masyarakat Indonesia saat ini. Hal ini tecermin dari data internal yang dirilis platform streaming audio Noice. Data Noice menyebutkan konten audio horor menduduki peringkat tiga teratas konten terfavorit yang paling banyak didengarkan selama 2022.

Durasi waktu yang dihabiskan pengguna untuk mendengarkan konten audio horor di aplikasi tersebut hingga saat ini mencapai lebih dari 130 juta menit. Tidak hanya untuk podcast, popularitas konten bergenre horor ini juga terlihat di serial audio.

“Konten bergenre horor selalu masuk ke jajaran konten yang paling disukai oleh para pendengar Noice, bersama dengan genre komedi dan hobi," ujar Chief Business Officer Noice Niken Sasmaya, dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia, Kamis, (3/11).

Niken mengatakan umumnya, penikmat horor termasuk sangat loyal dengan podcast ataupun konten audio lainnya yang mereka dengarkan. Mereka mengaku menikmati konten horor dalam format audio memberikan sensasi berbeda yang lebih seru dan menegangkan dibandingkan dengan visual. Pendengar bisa memiliki imajinasi visual tanpa batas di benak mereka masing-masing terhadap suara ataupun narasi yang mereka dengar.

"Jumlah pendengar pun terus meningkat di setiap episode per minggunya,” kata Niken.

Dari sisi demografi, popularitas konten bergenre horor tidak hanya dinikmati oleh kalangan milenial, tetapi juga oleh kelompok usia 18 sampai 24 tahun. Para pendengar ini mayoritas berdomisili di tiga kota besar, yakni Jakarta, Surabaya, dan Semarang.

Ragam konten podcast bergenre horor yang menjadi primadona di aplikasi Noice antara lain adalah Detective Aldo, A Night Ride, dan Scary Things. Ada pula Podcast Tanah Jawa, podcast yang diadaptasi dari konten populer Kisah Tanah Jawa (KTJ).

Niken melanjutkan dari sisi pasokan, ragam topik yang diangkat kreator pun kini menjadi lebih bervariasi. Mereka tidak hanya menggali cerita dari sisi budaya, cerita mistis suatu daerah ataupun peninggalan leluhur, tetapi juga mengaitkan dengan fenomena terkini yang terjadi di sekitar masyarakat dan membungkusnya menjadi sajian konten menarik.

Saat ini platform tersebut juga menghadirkan serial audio horor bertajuk Journal of Terror, hasil kolaborasi dengan penulis Sweta Kartika. Konten itu juga menjadi yang terpopuler di platform tersebut dari kategori format serial audio.

“Lewat beragam konten horor ini, Noice ingin bisa menjadi platform yang menemani para pencinta horor untuk bisa mengeksplorasi sensasi yang berbeda lewat audio,” tutup Niken.

(M-4)

BERITA TERKAIT