12 October 2022, 14:47 WIB

Halloweend Ends: Laga Pemungkas Laurie vs Michael Myers


Nike Amelia Sari |

Halloween Ends yang didasarkan pada karakter rekaan John Carpenter dan Debra Hill, melanjutkan sekuel Halloween Kills yang tayang tahun lalu. Film berdurasi 111 menit ini mengisahkan pertemuan final Michael Myers dengan Laurie Strode, empat tahun setelah peristiwa di Halloween Kills.

Di film pemungkas ini, Laurie (Jamie Lee Curtis) dikisahkan hidup bersama cucunya, Allyson (Andi Matichak). Sementara itu, Myers (James Jude Courtney) seolah menghilang setelah menewaskan putri Laurie yang juga ibu Allyson pada malam Halloween 2018.

Laurie kini mencoba beranjak dari masa lalunya yang penuh terror. Ia berupaya membebaskan dirinya dari ketakutan, kemarahan, dan merangkul kehidupan, sembari menyelesaikan tulisan memoarnya. Ia memiliki sahabat yang juga penyintas malam Halloween empat tahun lalu, Lindsey Wallace (Kyle Richards). Laurie bahkan menjajaki ide untuk kembali berkencan setelah reuninya dengan Frank Hawkins (Will Patton), polisi yang menangkap Myers setelah pembunuhan pertamanya di 1978

Sementara itu, Allyson menjadi perawat dan terlibat romansa dengan Corey Cunningham (Rohan Campbell), seorang pria yang dikucilkan oleh para warga kota kelahirannya di Haddonfield, Illinois, lantaran dianggap bertanggung jawab atas kematian seorang bocah 10 tahun yang dia asuh pada malam Halloween 2019. Kilas balik peristiwa kecelakaan itu sekaligus menjadi pembuka Halloween Ends yang memberi petunjuk kepada penonton akan signifikansi peran Corey di film ini.

Tuduhan seisi kota tersebut belakangan memicu aksi keji dan teror yang kemudian memaksa Laurie kembali harus beraksi. Penonton diajak mengikuti serangkaian eksekusi pembunuhan secara sadis dan dengan jumpscare yang membuat atmosfer film makin mendebarkan. Penonton seolah-olah dibawa ke sisi kegelapan batin si pelaku.

Film yang disutradarai oleh David Gordon Green ini memanjakan penikmat film horor dari waralaba Halloween ke-13 dengan kesimpulan manis yang menegangkan. Berbeda dari sekuel sebelumnya, film terakhir dari trilogi yang diluncurkan kembali dengan film Halloween tahun 2018 ini dibalut dengan asmara antara Corey dan Allyson, di samping serangkaian pembunuhan.

“Film ini diawali dengan Laurie yang sudah melanjutkan kembali hidupnya. Ada satu adegan ketika ia berbincang dengan Lindsey, dan Lindsey berkata kepada Laurie, ‘Pilihlah hidup. Kamu sudah melakukannya dengan baik, lanjutkan.’ Karena ucapan itu, Laurie tidak menyadari bahwa Michael Myers sudah kembali lagi,” tutur aktris Jamie Lee Curtis yang telah membintangi waralaba Halloween sejak awal, seperti dikutip dari materi publikasi film.

Dalam film ini, Michael memang bukan pelaku langsung dari sebagian pembunuhan yang terjadi. Meski demikian, ia memiliki peranan. Pada akhirnya, final film pun menghadirkan konfrontasi fisik langsung antara Michael dan Laurie.

Lebih emosional

Sutradara David Gordon Green mengatakan, pada Halloween Ends, ia berupaya untuk menunjukkan ruang batin dari karakter-karakter utama sekaligus memperkuat intensitas dari teror yang muncul . “Film ini menonjolkan dunia drama, emosi, dan benak Laurie serta Allyson, sekaligus juga memperkenalkan tokoh baru, Corey, dan bagaimana romantika Allyson serta Corey terdampak oleh kengerian yang dibawa Michael Myers,” kata Green.

Salah satu sisi emosional film yang ditampilkan adalah pergulatan batin Laurie perihal perannya dalam rentetan kejadian tragis yang menimpa warga  Haddonfield. Jika Laurie dulu memutuskan untuk pergi, apakah Myers akan tetap menyambangi kota itu, menewaskan para warganya, termasuk putri Laurie sendiri?

"Ini berat, beban emosional yang berat di tengah-tengah film horor," kata Curtis. Dan itu, menurutnya, semakin membedakan Halloween Ends dari pendahulunya.

“Film 2018 adalah tentang trauma dan tentang Laurie dan keluarganya yang berkumpul bersama,” imbuh Curtis. “Itu adalah film horor tulen. Lalu, Kills adalah film aksi. Semuanya lebih lebih keras, lebih gelap, dan lebih brutal. Michael, khususnya, lebih bengis. Kini, Halloween Ends adalah film yang sangat berbeda, dan sangat emosional. Ini adalah kisah cinta.”

Cinta di sini bukan sebatas romansa, tapi juga cinta kasih antara Laurie dan cucunya, dan bahkan empati Laurie kepada Corey, yang seperti dirinya, mengundang rasa iba sekaligus rasa benci dari orang-orang di sekitarnya.

Segala emosi itu kemudian berkelindan dan mewarnai pertarungan puncak antara Laurie dan Michael. Pergulatan mereka semakin menegangkan dengan adegan-adegan yang menaikkan tensi penonton. Dengan suara musik menegangkan, suara pergerakan kaki, hingga suara benda yang bergerak semakin menambah ketegangan pergulatan mereka.

Siapakah yang akhirnya bertahan dan selamat? Cari tahu jawabannya dalam film Halloween Ends yang tayang di bioskop mulai tanggal 14 Oktober 2022.  (RO/M-2)

 

 

BERITA TERKAIT