08 October 2022, 14:14 WIB

Komunitas Bakul Budaya FIB UI Gelar Tari Kolosal untuk Bagong Kussudiardja


Adiyanto |

SEKITAR 100 perempuan melenggak-lenggokan tubuhnya di pelataran Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI), Sabtu (8/10) pagi. Mereka tampak bergembira dan semangat menarikan Tari Yapong. Kegiatan itu rutin diselenggarakan dalam sebulan terakhir oleh komunitas Bakul Budaya FIB UI dengan melibatkan sivitas akademika di lingkungan kampus dan juga masyarakat sekitar.

Namun, kali ini acara yang digagas alumni FIB itu dibuat khusus untuk menghormati kiprah sang mastro tari Indonesia, almarhum Bagong Kussudiardja yang akan berulang tahun ke-94 pada 9 Oktober. Untuk diketahui, Bagong merupakan seniman tari dan juga seni rupa asal Yogyakarta. Tari Yapong yang selama ini dikenal sebagai tarian Betawi, merupakan salah satu karyanya.

“Kegiatan bertema 'Tanda Cinta untuk Pak Bagong' ini bertujuan untuk memberikan penghormatan atas kiprahnya dalam bidang seni dan kebudayaan, khususnya tari,” ujar Dewi Fajar Marhaeni, Ketua komunias Bakul Budaya FIB UI.

Dekan FIB Bondan Kanumoyoso menyambut baik acara tersebut. “Kegiatan ini untuk membangkitkan kembali budaya di kampus kami. Apalagi selama ini kami menyadari fakultas ini mengemban tugas untuk mengembangkan budaya di Tanah Air,’’ ujarnya.

Selain mahasiswa,  alumni FIB dan fakultas lainnya di lingkungan UI, acara pergelaran tari kolosal ini juga dihadari keluarga almarhum Bagong Kussudiardja, salah satunya Rondang Ciptasari yang merupakan putri ketiga almarhum. Perempuan yang akrab disapa Mbak Oni itu mengucapkan terima kasih atas penghormatan yang diberikan komunitas Bakul Budaya dan FIB UI kepada almarhum ayahnya. (M-3)

BERITA TERKAIT