30 September 2022, 13:00 WIB

Menikmati Keelokan Bukit Idaman


Naura Mutia Fahresi - SMA Muhammadiyah Gisting |

Berkolaborasi dengan Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah, pada tahun ini, Media Indonesia menghelat pelatihan jurnalistik Reporter Muda selama 15-16 Agustus 2022. Pelatihan diikuti 72 siswa sekolah menengah atas dan setingkat di lingkungan Muhammadiyah. Berikut ini salah satu dari 15 karya terpuji yang ditayangkan di www.mediaindonesia.com selama 26 September hingga 30 September 2022.

 

BEBERAPA tahun belakangan ini, popularitas wisata alam sempat memudar lantaran adanya pandemi covid-19. Namun, saat ini, seiring meredanya intensitas pandemi, pamor wisata alam kembali bersinar.

Kabupaten Tanggamus yang terletak di Provinsi Lampung sudah lama dikenal dengan wisata pantai alamnya nan elok. Meski begitu, Kabupaten Tanggamus juga mengembangkan destinasi lain yang bisa dikunjungi para wisatawan. Bahkan, salah satunya kini menjadi destinasi yang hit di kalangan generasi milenial: Bukit Singkek, alias Bukit Idaman.

Konon, Bukit Singkek adalah nama lawas area perbukitan yang lahannya sarat dengan tumbuhan serai tersebut. Namun, setelah mengalami renovasi, bukit yang berada di perbukitan Gisting Atas itu --sekitar 80 kilometer dari Kota Bandar Lampung-- berubah nama menjadi Bukit Idaman.

Jalan menuju Bukit Idaman saat ini terbilang nyaman dan aman untuk dilewati. Mencarinya tidak sulit. Pengunjung memasuki jalan menuju Butterfly Swimmingpool, lalu masuk ke gang di kiri jalan. Tepatnya, di samping lapangan futsal. Pada jalan tersebut terdapat plang nama Bukit Idaman. Tenang saja, gang menuju destinasi tersebut cukup lebar dan aman untuk dilalui mobil sehingga memungkinkan untuk berwisata bersama keluarga besar.

Ketika menapak jejak menuju Bukit Idaman, terlihat kebun dan rumah warga berjejer rapi. Sesekali, tampak penduduk tersenyum atau melambaikan tangannya seolah menyapa kedatangan pengunjung.

Pos pertama menjadi tempat loket pembayaran tiket. Harga tiketnya cukup terjangkau, Rp10 ribu per orang. Untuk parkir, sepeda motor dikenai Rp3 ribu, sementara mobil Rp5 ribu. Area parkir lumayan luas dan tidak mengganggu orang yang berlalu lalang. 

Setelah membayar tiket, sebelumnya wisatawan memarkirkan kendaraannya dan memberi tiket parkir kepada petugas. Setelah itu wisatawan dibebaskan menikmati fasilitas dan wahana yang ada. "Nanti tiketnya bisa ditukar kopi di kedai," ujar seorang petugas saat saya menunjukkan tiket parkir kepadanya, Sabtu (20/8).

Tidak melulu kopi. Promonya bisa berbeda dari waktu ke waktu. Di bulan Agustus itu, di kedai diinformasikan  bahwa tiket dapat ditukar 3 teh botol dengan membayar 10.000 saja.

Tempat ini memiliki area terbuka yang cukup luas. Sangat cocok jika bermain layang-layang di sini. Selain itu, u tidak terdapat banyak kabel sehingga lebih aman. Anak-anak dapat berlari bebas ke sana ke mari, yang pastinya menciptakan tawa sumringah.

Pemandangan Puncak Gunung Tanggamus yang sesekali diselimuti oleh awan menjadi latar belakang dari tempat ini. Rumah-rumah yang bertebaran di sepanjang jalan menambah suasana yang syahdu. Tidak salah jika Bukit Idaman membuat pengunjung tenggelam dalam nuansa alam yang menawan.

Rasa nyaman, ditambah dengan semilirnya angin memberikan kenikmatan yang sangat dalam. Dan yang paling spesial, setiap sudutnya menawarkan keindahan yang estetis. Mulai dari spot foto di ayunan, kursi, frame putih, jembatan putus dengan plang nama Bukit Idaman dan papan yang berbentuk perahu seolah terbang di ketinggian. Apalagi sekarang sudah ada spot foto terbaru, yang dibuat seakan-akan kita berada dalam bingkai foto dengan background perbukitan.

Spot-spot foto tersebut sangat cocok dengan anak muda zaman sekarang yang gemar bermedia sosial. Bahkan, bukan hanya anak muda saja. Tampak para ibu yang juga riuh berfoto, tidak ingin kalah untuk selalu meng-update keseruan mereka di Bukit Idaman.

Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan awan, layaknya seperti negeri di atas awan. Dipadukan dengan warna-warni bunga yang memanjakan mata para pengunjung membuat suasana menjadi asri, alami, dan segar. Tidak mengherankan jika pengunjung takjub dan sering mengambil foto sebagai kenang-kenangan.

"Kalau ke Bukit Idaman yang paling saya senangi itu cuacanya sejuk dan pemandangannya indah, bagus juga kalo buat foto-foto. Saat pagi sama sore itu bagus banget," ucap Zahra, salah satu anak muda yang Sabtu (20/8) itu juga tengah berkunjung ke Bukit Idaman.

Tidak jarang ada pengunjung yang kurang puas dengan hasil foto ponsel pribadi mereka. Jika itu terjadi, pengunjung bisa memanfaatkan jasa fotografer di Bukit Idaman. Dengan membayar Rp10 ribu, pengunjung mendapat tiga kali kesempatan difoto.

Aneka acara

Bukit Idaman juga acap menjadi tempat perkemahan bagi anak muda maupun acara-acara yang membutuhkan area luas. TIdak jarang area tempat wisata itu dipesan untuk acara lokakarya, pengajian, ulang tahun, maupun konser musik.

Bukit Idaman juga menyediakan area bermain anak. Misalnya ayunan, jungkat-jungkit, mandi bola, dan lain sebaginya. Ada juga kegiatan untuk membangun dan mengembangkan bakat anak-anak yang memiliki kegemaran dalam melukis. Mengapa begitu? Karena di Bukit Idaman terdapat tempat melukis tote bag, dengan harga 1 tote bagnya seharga Rp20 ribu, sudah termasuk cat dan kuas.

Saat matahari mulai terbenam, gradasi warna yang khas dari semburat senja terlihat begitu jelas. Dilengkapi dengan ramainya burung-burung berterbangan membuat suasana semakin mempesona. Letak Bukit Idaman yang hits ini juga memiliki kedai-kedai yang tertata rapi dan gazebo yang dilengkapi dengan bunga-bunga. Tenang saja jika tidak membawa bekal dari rumah, kita dapat membeli makanan yang cukup menghentikan suara lapar. Ada jagung bakar, bakso, kentang goreng, nasi goreng, mie goreng atau mie rebus dan banyak minuman serta makanan ringan yang di jual di sana.

Sekarang juga sudah terdapat gazebo berbentuk tenda, sehingga ketika berfoto seakan kita sedang berkemah di atas bukit. Di situ kita juga dapat beristirahat dan menikmati indahnya senja yang menghapus gundah gulana. Menikmati jagung bakar ala Bukit Idaman dengan menyeruput minuman hangat dan berbaur bersama keluarga akan menjadi kenangan tak terlupakan.

"Keasrian alamnya itu alami. Apalagi ada gazebo, jadi saya sama teman-teman bisa istirahat sebentar sambil makan-makan," ujar Ria, salah seorang pengunjung. Untuk mempertahankan agar gazebo nyaman dan bersih tentunya perlu tenaga dan juga materi. Maka dari itu wisatawan di minta membayar seikhlasnya dan tetap bersanitasi, mulai dari membuang sampah pada tempatnya sehingga kebersihan dan kenyamanan wisatawan terus terpelihara.

Bukit Idaman ini selalu ramai dengan wisatawan. Bukan hanya pada saat hari-hari besar saja. Tapi pada hari libur wisatawan juga banyak yang datang. Tidak salah, jika Bukit Idaman adalah tempat yang tepat untuk dituju ketika liburan. Dengan biaya yang murah wisatsawan sudah dapat merasakan sejuta keindahan. Udara khas dan indahnya panorama Bukit Idaman sangat mendukung sekali jika tempat ini dijadikan destinasi wisata yang begitu menyegarkan mata. (M-2)

 

OPINI MUDA

Melinda Dwi Anggraeni, pengunjung

"Dijadikannya tempat wisata pastinya menambah penghasilan warga sekitar, misalnya menjual makanan, petugas keamanan atau kebersihan lingkungan. Untuk ke depannya semoga lebih berkembang dan jangan sampai dijadikan untuk hal-hal negatif. Sebagai generasi milenial seharusnya menjaga alam dimulai dari meminimalisir sampah plastik dan lain-lain."

 

Fariz Ramadani Putra Rusady, pengunjung

"Bukit Idaman menambah daya tarik wisata di Kabupaten Tanggamus. Daripada nongkrong-nongkrong di pinggir jalan,lebih baik kita meramaikan wisata agar menarik wisatawan lain untuk berkunjung."

 

     

 

 

BERITA TERKAIT