26 September 2022, 15:30 WIB

Berapa Batas Aman Mengonsumsi Gula dalam Sehari?


Nike Amelia Sari |

BELUM lama di dalam negeri viral kasus keluhan pembeli atas minuman teh kekinian yang dirasakan terlalu manis. Di luar soal kasus somasi atas keluhan itu, konsumsi gula memang harus menjadi perhatian, terlebih dengan semakin jamaknya produk jajanan serba manis.

 

Kelebihan gula memang berbahaya bagi kesehatan, seperti menyebabkan penyakit diabetes tipe 2, obesitas, hingga kerusakan gigi. Melansir dari heart.org, minuman adalah kategori utama sumber gula tambahan dengan sekitar 47% dari semua gula tambahan.

 

Minuman manis atau makanan yang dibuat dengan sirup jagung fruktosa tinggi, misalnya, dianggap sebagai pilihan yang lebih sehat.  Jangan tertipu. Terlalu banyak gula tidak baik untuk tubuh, tidak peduli dari mana sumbernya.

 

Semuanya bermuara pada seberapa cepat gula diserap.  Misalnya, tubuh Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk mencerna apel karena kandungan seratnya, sehingga gula alami lebih lambat diserap.  Di sisi lain, gula tambahan dalam soda atau minuman manis lainnya tiba sekaligus di sistem Anda seperti bom gula.  Semua gula ekstra itu diubah menjadi kalori jauh lebih cepat.  Tidak begitu baik untuk sistem dalam tubuh Anda.

 

Lalu berapa batas asupan gula tambahan sehari? American Heart Association (AHA) merekomendasikan asupan gula sebagai berikut. Namun perlu diingat, asupan ini sebaiknya dikurangi lagi jika anda sudah mendapat asupan gula dari sumber lainnya, seperti makanan:

 

1. Pria sebaiknya mengonsumsi tidak lebih dari 9 sendok teh (36 gram atau 150 kalori) gula tambahan per hari.

 

2. Wanita disarankan maksimal mengkonsumsi 6 sendok teh gula (25 gram atau 100 kalori) per hari.

 

3. Anak-anak antara usia 2 dan 18 tahun tidak boleh mengkonsumsi lebih dari 25 gram, atau 6 sendok teh gula tambahan setiap hari.

 

Sebagai gambaran, satu kaleng soda 12 ons biasanya mengandung 8 sendok teh (32 gram) gula tambahan.  Melansir dari situs Healthline, Anda dapat mulai dengan membatasi hal-hal ini, dalam urutan kepentingan:

 

- Minuman Ringan

Satu kaleng soda 12 ons (355 mL) mengandung sebanyak 8 sendok teh gula. Sebaiknya lebih banyak meminum air putih ketimbang soda atau minuman manis lainnya dengan gula yang tinggi. Anda dapat membatasi konsumsi minuman manis. Dan jangan menambahkan gula ke kopi atau teh Anda.

 

- Jus Buah

Jus buah mengandung jumlah gula yang sama dengan minuman ringan.  Pilih buah utuh atau buah kalengan tanpa pemanis tambahan.

 

- Kue atau Biskuit 

Ini termasuk kue kering dan pai, di antara kue-kue lainnya.  Makanan ini cenderung sangat tinggi gula dan karbohidrat olahan. Makanan rendah lemak atau diet.  Makanan yang telah dihilangkan lemaknya seringkali mengandung gula yang sangat tinggi.

 

Alih-alih gula dalam minuman, Anda dapat mencoba memasukan bahan-bahan alami seperti kayu manis, pala, ekstrak almond, vanila, jahe, atau lemon ke minuman Anda. (M-1)

BERITA TERKAIT