18 August 2022, 13:58 WIB

Noice Siapkan Fitur Monetisasi bagi Kreator Podcast


Fathurrozak |

Saat ini, platform streaming audio lokal, Noice, tengah mempersiapkan beberapa fitur agar para kreator konten audio mereka bisa mendapat cuan dari konten yang telah diproduksi. Sejak diluncurkan, kini Noice telah memiliki lebih dari 600 katalog konten orisinal dan eksklusif. Sementara, dari kreator non-eksklusif (user generated) telah menyumbang lebih dari 1600 judul.

Untuk mengakomodasi itu, Noice pun menyatakan komitmen mereka mendukung para kreator agar terus berkembang. Dengan memberikan fitur yang bisa menyumbang pemasukan.

“Kami tengah mempersiapkan peluncuran fitur agar kreator bisa menghasilkan uang dari konten audio mereka di Noice. Salah satunya adalah Noice Live VIP Room. Jadi nantinya pendengar bisa membeli tiket atau memberikan hadiah (gift) di konten itu,” kata Co-founder dan CBO Noice Niken Sasmaya dalam konferensi pers virtual, Kamis, (18/8).

Niken melanjutkan, saat ini model revenue di Noice yang sudah berjalan adalah iklan yang menjadi sponsor bagi beberapa konten. Yang tengah dirancang ke depan, adalah model user driven revenue. Dengan berkaca dari jumlah pengguna mereka saat ini mencapai angka 2,7 juta.

“Jadi modelnya seperti yang saya sampaikan di atas. Sifatnya didorong dari kreator. Dengan mendapat revenue dari pengguna. Lewat gift, tiket, dan nantinya Noice akan membuka fitur untuk konten VIP. Bedanya dengan live vip room, di VIP room ini adalah konten on demand. Jadi ada beberapa episode spesial yang bisa dinikmati ketika pendengar membeli konten tersebut,” lanjut Niken.

Untuk Noice Live VIP Room sendiri, nantinya baru bisa diakses oleh beberapa kreator orisinal dan eksklusif mereka. Setelahnya, baru akan tersedia bagi para seluruh kreator yang ada di platform tersebut. (OL-12)

BERITA TERKAIT