16 August 2022, 18:46 WIB

Nusa Rasa Oat Series, Kolaborasi Djournal Coffee dan Swara Gembira


Joan Imanuella Hanna Pangemanan |

DALAM rangka menyambut Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, Djournal Coffee dan Swara Gembira mengadakan kampanye atau gerakan untuk bersama-sama berkreasi dan menyuarakan apresiasi terhadap budaya Nusantara. Kolaborasi itu sebenarnya sudah lama direncanakan, namun karena  covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia, baru bisa terlaksana pada tahun ini. 

Pada Selasa (16/8), di House of Journal, Jakarta Selatan, Djournal Coffee menyelenggarakan sesi bincang-bincang bersama pihak Swara Gembira. Dalam acara itu digelar juga tutorial atau cara memakai kain Nusantara oleh Swara Gembira. Djournal Coffee juga memberikan demo singkat dengan varian kopi yang baru rilis itu.

Sehubungan dengan program bulanan dari Swara Gembira yang bernama kompetisi Adu Gaya, kontestan diminta berkain, lalu membawa salah satu produk kopi Nusa Rasa dan tiga pemenang terbaik akan mendapatkan tiket nonton konser musik We The Fest. 

Baca juga: Festival Kopi Cianjur Upaya Membangkitkan Kejayaan Kopi Cianjur

Lalu akan ada Pesta Remaja yang menjadi puncak acara di akhir periode kampanye ini. Pesta Remaja menggandeng disc jockey binaan Swara Gembira yang memainkan lagu-lagu Indonesia dari berbagai genre dan era. 

Masyarakat Jakarta dapat menemukan placement product Nusa Rasa di MRT bersama dengan model Remaja Nusantara yang memakai kain Batik Swara Gembira.

Setelah melakukan riset dan bertukar pikiran, divisi Research & Development di Djournal Coffee merealisasikan ide mereka menjadi Nusa Rasa Oat Series. Seri minuman Nusantara ini terdiri dari 6 varian kopi susu dan 1 minuman cokelat khas Sumba.

Djournal Coffee menyajikan kurasi terbaik dari cita rasa Nusantara dan menghadirkan 100% kopi racikan asli Indonesia dengan komitmen terus memenuhi kebutuhan kafein bagi para Djournalist, sebutan untuk pecinta kopi dan seluruh masyarakat Indonesia.

“Bersama Swara Gembira, kami ingin menginspirasi generasi muda Indonesia agar tetap bangga dalam menggunakan dan mengkonsumsi produk asal negeri sendiri,” ungkap Research & Development Manager Djournal Coffee Sendy Djaja. 

Corak kain Nusantara, seperti warna ungu, hijau, cokelat, dan putih dapat dilihat dalam minuman di seri Nusa Rasa Oat Series. 

Pria yang telah bergabung dengan Djournal Coffee semenjak 2013 tersebut menambahkan, “Ubi Ungu Oat Latte misalnya, merupakan perpaduan biji kopi lokal dengan cita rasa ubi ungu sehingga menciptakan warna natural yang mirip dengan kain Mega Mendung asal Cirebon.” 

Swara Gembira adalah gerakan terbesar generasi muda dalam mengembangkan seni budaya Indonesia. 

“Swara Gembira giat mengampanyekan keragaman budaya Indonesia, agar generasi muda Indonesia dapat terus mewariskan rasa bangga akan akar kebudayaannya,” tutur Direktur Utama Swara Gembira Rifan Rahman. 

Dalam upaya merevolusi seni Budaya Indonesia dengan mendekatkan kain nusantara kepada generasi muda agar dapat dipakai dalam aktivitas sehari-hari. Walaupun Indonesia semakin terbawa arus era globalisasi, Rian berpesan, “Kita harus ‘meng-Indonesia-kan’ Indonesia.”

Gerakan-gerakan UMKM masa kini tidak hanya mampu meningkatkan ekonomi daerah, namun juga mengangkat nilai-nilai kebudayaan Indonesia. Untuk itu, marilah kita tetap bangga dan setia dengan produk-produk buatan Nusantara. (OL-1)

BERITA TERKAIT