16 August 2022, 03:00 WIB

Apple Ancang-Ancang Genjot Iklan di Aplikasi Bawaan


Putri Rosmalia |

Apple Inc dikabarkan akan menampilkan lebih banyak iklan di aplikasi bawaan yang terdapat di perangkat iPhone dan produk Apple lainnya. Iklan-iklan tersebut akan muncul di beberapa aplikasi populer seperti Maps, Books, dan Podcast. 

Dilansir dari theverge.com, Senin, (15/8), saat ini Apple tengah menjalankan uji coba menghadirkan iklan di Maps untuk penggunan mereka di beberapa wilayah AS. Iklan di Maps itu akan muncul ketika seseorang mencari alamat dalam bentuk rekomendasi berbagai tempat, salah satunya restoran. 

Restoran atau fasilitas lain yang mengiklan pada Apple akan muncul sebagai rekomendasi destinasi di sekitar lokasi pencarian yang dilakukan pengguna Apple. Dengan begitu usaha mereka dapat dilhat dan lebih dikenal oleh para pengguna Apple. 

Sebelum Maps, Apple juga  telah menampilkan iklan dengan metode yang sama di aplikasi App Store. Para pemilik aplikasi dapat membayar pada Apple agar aplikasi mereka muncul di laman rekomendasi App Store.

Setelah App Store dan Maps, diyakini Apple juga akan melakukan uji coba serupa di  Podcast dan Books. Nantinya para penerbit, penulis, musisi, penyiar, atau perusahaan rekaman dapat membayar biaya iklan agar buku atau karya audio mereka dapat tampil di halaman utama dan daftar rekomendasi.

Apple diketahui telah mulai mengenalkan kehadiran iklan pada App Store sejak 2016. Iklan juga telah lebih dulu muncul di aplikasi lain milik Apple, News Apps dam Stocks. Namun, sejauh ini iklan belum pernah dimunculkan di aplikasi-aplikasi populer seperti Podcast atau Maps.

Rencana Apple menampilkan banyak iklan tersebut disebut sebagai sinyal upaya perluasan bisnis Apple ke bidang advertising ataua periklanan. Nantinya Apple akan memiliki manajemen bisnis sendiri yang menangani dan mengatur pola iklan untuk di semua produk Apple.  (The Verge/M-2) 

BERITA TERKAIT