04 August 2022, 16:55 WIB

Robot Humanoid Mampu Menyelam Hingga 1 Kilometer


Putri Rosmalia |

SEBUAH robit humanoid bernama OceanOneK yang dikembangkan oleh Universitas Standford, Amerika Serikat, kini telah memiliki kemampuan menyelam hingga kedalaman 1 kilometer di bawah permukaan laut. Robot tersebut juga bisa melakukan penulusuran dengan sangat lincah dan detail layaknya seorang penyelam profesional.

 

Dilansir dari Cnn.com, Rabu, (3/8), OceanOneK memiliki tampilan yang menyerupai manusia dengan perlengkapan selam yang mumpuni. Robot tersebut dilengkapi dengan tangan dan kaki yang dapat difungsikan untuk membantu eksplorasi yang tengah dilakukan. Ia juga memiliki bentuk kepala dan mata yang sangat mirip dengan manusia. 

 

Telah mulai diuji coba sejak 2021, saat ini OceanOneK telah berhasil melakukan misi penyelaman ke beberapa bangkai kapal dan pesawat di beberapa perairan AS yang selama ini belum terjamah manusia. Di antaranya bangkai pesawat Beechcraft Baron F-GDPV, Italian steamship Le Francesco Crispi,pesawat perang dunia kedua P-38 Lightning aircraft, dan bangkai kapal selam Le Protée.

 

Bangkai-bangkai kapal dan pesawat tersebut berada di kedalaman 500--1000 meter di bawah permukaan laut. Bukan hanyakarena faktor kedalaman, bangkai-bangkai tersebut sulit terjamah karena kondisi dan medannya yang menyulitkan penyelaman. 

 

Namun, hal itu bisa diatasi dengan baik oleh OceanOneK. OceanOneK melakukan penjelajahan di medan sulit dengan mengandalkan delapan mesin dan sistem penggerak yang memudahkannya bermanuver di dalam air. Robot itu juga memiliki teknologi perekam gambar 3 dimensi yang membuat pengumpulan data dan pengamatan jadi lebih maksimal.

 

Menariknya, sistem pada OceanOneK sengaja dibuat dengan menghadirkan sensasi menyelam yang mendekati nyata pada operator yang menjalankannya. Salah satunya dengan sistem getar dan perubaha tekanan udara yang dapat dirasakan operator lewat pengendalinya ketika robot tersebut bermanuver.

 

“Kami semakin mendekati penciptaan sruktur yang sempurna atas sebuah robot humanoid. Dengan pengembangan lebih lanjut hal besar yang lebih mengesankan pasti akan bisa dicapai oleh robot,” ujar pakar robotik dari Stanford, Oussama Khatib.

 

Dijelaskan Khatib, saat  ini telah banyak teknologi kapal selam pengintai yang bisa menyelam hingga laut yang sangat dalam. Namun, belum ada yang memiliki kemampuan layaknya manuver dan eksplorasi yang dapat dilakukan manusia. 

 

Sebelum OceanOneK mereka telah membuat robot sejenis bernama OceanOne pada 2016. Namun, karena merupakan proyek pertama, masih banyak hal yang menjadi kekurangan pada OceanOne. Salah satunya kemampuan menyelam yang hanya mencapai 200 meter di bawah permukaan laut. 

 

Karena itu, sejak 2016 mereka terus berupaya membuat versi lebih mutakhir dari OceanOne yang kini berhasil mereka demonstrasikan pada publik. (M-1)

BERITA TERKAIT