04 August 2022, 11:37 WIB

Film Dokumenter Pesantren Tunda Rilis di Bioskop


Fathurrozak |

Film dokumenter Pesantren garapan sutradara Shalahuddin Siregar, yang rencananya rilis di jaringan bioskop pada 4 Agustus, mengumumkan penundaan jadwal tayang.

“Kami sedih dan rasanya berat sekali mengumumkan penundaan ini, apalagi film ini cukup ditunggu, bukan saja oleh kalangan santri, tapi juga penonton film Indonesia yang mayoritas Islam tapi penasaran seperti apa kehidupan pesantren yang jarang bisa diakses oleh publik,” kata produser Lola Amaria dari Lola Amaria Production yang menjadi distributor film Pesantren, dalam siaran persnya, Rabu, (?).

Dokumenter Pesantren mengikuti kisah para penghuni Pondok Pesantren Kebon Jambu Al-Islamy, salah saru pesantren salaf terbesar di Cirebon. Pesantren ini dipimpin oleh ulama perempuan dan memiliki 2000 santri dan santriwati. Melalui kisah dua santri dan dua guru muda, film ini mengajak penonton untuk mengenal lebih dekat kehidupan para santri dan apa yang mereka pelajari.

Sebelumnya, dokumenter Pesantren tayang perdana (world premiere) di ajang paling bergengsi festival dokumenter internasional IDFA (International Documentary Festival of Amsterdam) 2019. Sementara di Indonesia, dokumenter tersebut menjadi pembuka Festival Film Madani tahun lalu. Sejatinya Pesantren memang diniatkan rilis pada 2020 tapi terhalang pandemi.

“Kami berharap bisa segera mengumumkan jadwal rilis yang baru dan semoga kali ini berjalan lancar dan barokah,” sambung Lola. (OL-12)

BERITA TERKAIT