03 August 2022, 17:53 WIB

Yuk, Simak Cara Menghilangkan Panas di Tangan Karena Cabai


Nike Amelia Sari |

Setelah mengolah atau memakan aneka hidangan berbahan cabai dapat menimbulkan sensasi panas di tangan. Pencegahan terbaik adalah dengan menggunakan sarung tangan saat ingin bersentuhan dengan cairan cabai. 

Ini disebabkan oleh capsaicin, yang merupakan senyawa kimia yang ditemukan dalam cabai atau paprika yang membuat mereka terasa pedas.  Menurut American Chemical Society, ketika capsaicin dioleskan ke kulit Anda, aliran neurotransmitter yang stabil dikirim ke otak, merangsang sinyal rasa sakit di tubuh.

Melansir dari situs Eating Well, saat tangan Anda panas, jangan menyentuh mata atau hidung. Sistem Kesehatan Universitas Michigan mengatakan, “Jangan biarkan capsaicin bersentuhan dengan mata Anda dan selaput lendir lembab lainnya.  Setelah Anda menyentuh capsaicin (atau cabai), gunakan cuka atau sabun untuk mencuci tangan sehingga Anda tidak menyebarkan capsaicin ke mata, hidung, atau mulut Anda."

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan di rumah saat tangan Anda panas setelah memotong cabai, seperti dikutip dari situs The Kitchn.

1. Minyak
Minyak membantu melarutkan minyak cabai yang panas.  Beberapa bahkan mengklaim bahwa menggosok tangan Anda hanya dengan sentuhan minyak sayur atau zaitun sebelum memotong paprika akan cukup melapisi mereka untuk mencegah sengatan panas terjadi.

2. Sabun cuci piring
Banyak sabun cuci piring dapat melarutkan minyak dan lebih efektif daripada sabun cuci tangan biasa.  Anda dapat menggunakan ini untuk mencuci tangan Anda setelah memotong paprika.

 3. Alkohol
Minyak cabai dan capsaicin lebih larut dalam alkohol daripada dalam air, jadi percikan alkohol dapat membantu menghilangkannya.

4. Susu Utuh atau Yogurt
Teori di balik yang satu ini adalah bahwa cabai juga lebih larut dalam lemak dan minyak daripada dalam air.  Rendam tangan Anda dalam susu atau yogurt sampai sensasi terbakar berhenti.

Paul Bosland, Profesor Bupati Universitas Negeri New Mexico dan Direktur Institut Chili Pepper, mengatakan bahwa obat terbaik sebenarnya adalah susu sapi.

"Susu memiliki protein di dalamnya yang menggantikan capsaicin pada reseptor di lidah Anda.  Ini benar-benar cara tercepat untuk mengurangi rasa terbakar." American Chemical Society juga mendukung dan mengatakan, "Molekul kasein (yang ditemukan dalam susu) menarik molekul capsaicin. Mereka mengelilingi molekul capsaicin dan membersihkannya, dengan cara yang sama seperti sabun membersihkan lemak."  

5. Larutan Pemutih
Dalam sebuah episode Good Eats, Alton Brown selaku host mengatakan capsaicin, senyawa pedas dalam cabai, akan menempel di jari selama berjam-jam, mengubah tangan menjadi senjata kimia.  Anda dapat mencegahnya dengan mengenakan sarung tangan vinil atau lateks.  Atau Anda kadang-kadang dapat mencelupkan jari Anda ke dalam larutan air dan pemutih, 5:1 saat Anda sedang bekerja.  Pemutih akan mengubah capsaicin menjadi garam yang larut dalam air yang kemudian akan dibilas.

 6. Pasta Soda Kue
Soda kue juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan sensasi panas di tangan akibat cabai. Buatlah pasta kental dari baking soda dan air, dan oleskan langsung ke tangan Anda.  Diamkan hingga mengering sebelum dibilas. (M-2) 

BERITA TERKAIT