03 August 2022, 10:15 WIB

Mentimun bisa Menyebabkan Keputihan, Mitos atau Fakta?


Nike Amelia Sari |

Mentimun merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin A, B, C, dan juga kaya akan mineral.  Namun, buah ini sering dikaitkan dengan salah satu penyebab keputihan pada perempuan. Benarkah demikian? Keputihan adalah keluarnya cairan tubuh dari vagina. Keputihan alami memang terjadi ketika seorang perempuan mengalami perubahan hormon sesuai dengan siklus menstruasi.

Biasanya cairan yang keluar adalah cairan kental dan lengket sepanjang siklus, namun lebih cair dan bening saat terjadi ovulasi. Keputihan dapat terjadi karena beberapa alasan.  Namun, belum ada penelitian yang menghubungkan antara makan mentimun dan penyebab keputihan pada perempuan

Melansir dari med-mash.ru,, situs kesehatan akhir pekan lalu, keputihan tidak disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Jadi anggapan bahwa makan timun bisa menyebabkan keputihan tidak benar.  Kebanyakan keputihan adalah normal. Keputihan terbagi menjadi dua jenis, yaitu keputihan normal dan keputihan tidak normal.  Apa bedanya?  Keputihan normal adalah keputihan yang tidak berbau, bening hingga agak keputihan dan berlendir.

Ada beberapa faktor yang masih dianggap wajar dan aman jika seorang wanita mengalami keputihan.  Keputihan lebih sering terjadi selama stres, kehamilan, atau aktivitas seksual.

Keputihan abnormal cukup mudah dibedakan dengan melihat warna, konsistensi, volume dan bau yang tidak seperti biasanya.  Selain itu, ada gejala lain yang dialami, sebelum, sesudah atau bersamaan dengan keluarnya keputihan, seperti gatal pada vagina.

Keputihan yang tidak normal biasanya disebabkan oleh infeksi dan non infeksi.  Penyebab non infeksi biasanya berhubungan dengan adanya benda asing seperti kontrasepsi spiral atau penyakit lainnya.  Sedangkan penyebab infeksi antara lain infeksi bakteri, jamur dan parasit.  Ketiga penyebab ini sering dialami oleh perempuan.

Namun perlu diingat, keputihan bukanlah penyakit, melainkan gejala dari suatu penyakit.  Keputihan abnormal yang disebabkan oleh infeksi dapat terjadi jika Anda tidak merawat vagina dengan bersih. (M-4)

BERITA TERKAIT