27 July 2022, 22:44 WIB

Pecel dan Gado-Gado Masuk Daftar Salad Terbaik Dunia


Devi Harahap |

Indonesia terkenal dengan kekayaan jenis makanan tradisional khas masing-masing daerah. Makanan olahan sayur seperti pecel dan gado-gado merupakan makanan tradisional yang populer karena rasanya yang lezat dan menyehatkan.

Gado-gado dan pecel adalah kuliner khas Indonesia yang bahan utamanya sayur-sayuran. Kedua makanan ini biasanya disantap dengan limpahan bumbu kacang gurih-manis. Bagi yang suka pedas, tentunya selalu menambahkan cabai saat mengolah bumbu makanan tersebut.

Berita baiknya, kedua makanan tradisional Indonesia ini berhasil masuk ke dalam urutan teratas “50 Best Salads July 2022” versi website ulasan makanan, yang dikutip dari akun Instagram Taste Atlas pada Rabu (13/7). 

Kelezatan dan kepopuleran kedua makanan Indonesia ini membuat Taste Atlas menobatkan sebagai salah satu salad terbaik di dunia yang berhasil bertengger di posisi atas mengalahkan berbagai makanan dari negara lainnya.

Pecel menempati urutan ke-13 sebagai salad terbaik di seluruh dunia dengan skor 4,38. Makanan khas Jawa Tengah dan Jawa Timur ini terkenal dengan bumbu kacang yang menggoda selera. 

Melansir Jurnal Adi Buana Universitas PGRI Surabaya (2019), tampilan pecel memiliki kesamaan hidangan dengan salad orang Eropa. Perbedaannya terletak pada topping dan dressing. Kebanyakan salad menggunakan dressing berbasis mayonaise, sedangkan pecel disajikan dengan sambal kacang.

Pecel lengkap disajikan dengan berbagai macam sayuran seperti taoge, kacang panjang, mentimun, kemangi, kecipir, dan lain sebagainya. Ada juga yang menambahkan tempe dan tahu untuk memperkaya rasa dan isian.

Adapun gado-gado berhasil menempati urutan ke-24 dengan raihan skor 4,17. Gado-gado merupakan makanan tradisional Jawa, khususnya daerah Jakarta dan Surabaya. 

Dikutip dari Jurnal Ilmiah Kepariwisataan (2018), makanan yang satu ini berisi berbagai sayuran yang direbus, irisan telur, tahu, tempe, lengkap dengan kerupuk kering. Gado-gado juga disajikan dengan sambal kacang layaknya pecel dan akan semakin juga mengenyangkan jika disantap dengan lontong.

Penggunaan ragam sayuran dalam gado-gado hampir sama dengan yang disajikan pada pecel. Akan tetapi, perbedaan utama yang mencolok yakni tidak semua sayur gado-gado harus direbus terlebih dahulu. Dengan demikian, dalam gado-gado terdapat kombinasi antara sayuran yang sudah direbus dan sayur mentah.

Dilansir dari Taste Atlas, sambal kacang dari gado-gado secara tradisional dibuat dengan kacang mete, tetapi karena harga dan ketersediaan yang lebih rendah, kacang tanah lebih sering digunakan saat ini. Hidangan ini merupakan perwakilan sejati dari makanan jalanan Indonesia, dan telah hadir dalam budaya Indonesia sejak abad ke-16. (M-2) 

BERITA TERKAIT