28 June 2022, 16:43 WIB

Seorang Penambang Emas di Kanada Temukan Mumi Bayi Gajah Purba Berusia 3500 Tahun


Adiyanto |

Seorang penambang emas di Kanada baru-baru ini menemukan mumi mamut (gajah purba). Penemuan itu terjadi secara tidak sengaja di wilayah penambangan emas di Klondike, bagian utara negara tersebut.

Para ahli paleontologi menjelaskan penemuan di wilayah itu sebagai salah satu mumi hewan zaman es yang paling luar biasa yang pernah ditemukan di dunia. Bangkai bayi mamut berbulu yang diawetkan secara alami itu diperkirakan berusia lebih dari 35.000 tahun. “Dia sempurna dan cantik,” kata Grant Zazula, ahli paleontologi untuk wilayah Yukon Kanada kepada Canadian Broadcasting Corporation, seperti diwartakan The Guardian, Selasa (28/6).

 “Dia memiliki ekor dan telinga kecil yang mungil. Dia juga memiliki belalai kecil yang dapat dipegang di mana dia bisa menggunakannya untuk mengambil rumput,” imbuhnya.

Zazula menggambarkan penemuan itu sebagai penemuan paling penting dalam paleontologi di Amerika Utara. Dengan sebagian besar kulit dan rambut yang utuh, para peneliti mengatakan temuan itu menempati peringkat sebagai mumi mamalia paling lengkap yang ditemukan di benua itu.

Mamut berbulu itu diyakini berusia lebih dari satu bulan ketika dia mati . Panjangnya 140cm, sedikit lebih panjang dari satu-satunya bayi mamut berbulu lainnya yang ditemukan di Siberia pada 2007. (M-4)

 

 
 
BERITA TERKAIT