15 June 2022, 17:50 WIB

Dua Film Horor Indonesia Berkompetisi di Korsel


Fathurrozak |

DUA film horor karya sutradara Fajar Nugros, Inang dan Horor Keliling sama-sama akan berkompetisi di Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN) ke-26. Festival yang berbasis di Bucheon, Korea Selatan ini akan berlangsung selama 7-17 Juli 2022.

Film Inang akan berkompetisi di kompetisi utama BIFAN yang bertajuk Bucheon Choice Award. Sementara, Horor Keliling akan berpartisipasi di ajang It Project, kompetisi utama di bidang pendanaan film.

Inang berkisah tentang Wulan, karyawati supermarket yang ditinggalkan pacarnya dalam keadaan hamil. Wulan yang putus asa, dipertemukan dengan keluarga Santoso yang ingin mengadopsi anak yang dikandungnya dan bersedia merawat Wulan di rumah mereka selama masa kehamilan.

Selama tinggal di rumah itu, Wulan perlahan mulai menyaksikan perilaku aneh keluarga Santoso yang menganut okultisme tradisional Jawa. Inang dibintangi oleh beberapa nama besar, antara lain Naysila Mirdad sebagai Wulan, Lydia Kandou sebagai Eva Santoso, dan Dimas Anggara sebagai Bergas. Juga aktor kawakan Rukman Rosadi sebagai Agus Santoso.

“Sungguh kejutan yang luar biasa bagi saya dan teman-teman di IDN Pictures dan tim Inang saat tahu apa karya kami ini diapresiasi oleh festival film BIFAN. Apresiasi ini menambah semangat bagi kami untuk terus melahirkan karya yang berkualitas,” kata sutradara Fajar Nugros dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia, Rabu, (15/6).

Sementara itu, dengan latar di daerah pedesaan tahun 1970-an, Horor Keliling bercerita tentang Jarno, seorang kru panggung yang bekerja untuk kelompok kesenian tradisional ternama dan bercita-cita menjadi bintang terkenal. Jarno bertemu dengan Supri yang menawarkan kerja sama mencari uang dengan menjadi pendongeng horor keliling.

Jarno perlahan belajar tentang kekuatannya yang dapat mewujudkan dongeng menjadi kenyataan, juga masa lalu kelam tentang pabrik gula yang menghancurkan keluarganya. “Dari awal, Horor Keliling sudah memiliki ide yang bagus. Terbukti konsep film ini masuk ke Holland Film Festival di Amsterdam tahun lalu, dan tahun ini di project market BIFAN. Materi Horor Keliling akan terus kami sempurnakan untuk kelak akhirnya difilmkan oleh IDN Pictures,” kata Fajar yakin mengenai filmnya Horor Keliling.

Produser Inang dan Horor Keliling, Susanti Dewi, mengaku sangat gembira dengan apresiasi dari BIFAN. “Apresiasi terhadap Inang dan Horor Keliling oleh festival film BIFAN membuat kami semakin bersemangat untuk membuat karya yang baik, menghibur dan memiliki gagasan dan visi yang jelas,”. (M-1)

BERITA TERKAIT