14 June 2022, 15:10 WIB

Di AS, Amazon Segera Mulai Pengiriman Barang dengan Drone


Putri Rosmalia |

PENGGUNAAN drone sebagai sarana pengiriman barang memang telah digunakan di beberapa wilayah Amerika Serikat (AS). Namun, sejauh ini umumnya hanya dilakukan di wilayah terbatas atau sekadar uji coba.

 

Mencoba membuat gebrakan, Amazon, akan menjadi perusahaan pertama yang menyediakan jasa pesan antar menggunakan drone secara luas ke berbagai wilayah di AS. Saat ini warga di berbagai wilayah AS sudah mulai bisa mendaftarkan dirinya sebagai pelanggan layanan pesan antar dengan drone.

 

Setelah proses pendaftaran selesai, program tersebut akan dapat segera di mulai. Diperkirakan dalam beberapa bulan ke depan.

 

Dilansir dari Bbc.com, Selasa, (14/2), Amazon mengklaim ke depannya, pengiriman lewat drone akan jadi andalan mereka dalam layanan pesan antar. Dengan sistem yang digunakan, pengiriman barang dikatakan akan dapat lebih efektif dan akurat.

 

“Ketika ini dimulai pasti masyarakat rasanya akan seperti hidup dalam sebuah film fiksi ilmiah. Namun, ini bukan lagi sekadar fiksi melainkan akan segera terwujud di berbagai wilayah AS. California dan Lockeford akan menjadi yang pertama mengalaminya,” bunyi pernyataan resmi Amazon.

 

Dijelaskan dalam keterangan resmi tersebut, nantinya drone akan diatur untuk mengantar pesanan warga hingga halaman belakang rumah mereka. Itu mengapa perlu ada proses pendaftaran sebagai verifikasi alamat dan lokasi setiap rumah.

 

Drone tersebut akan diterbangkan menggunakan sistem otomatis yang sudah memiliki kemampuan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Dengan begitu, mereka dapat terbang secara mandiri ke lokasi tujuan dan kembali tanpa perlu kendali dari operator.

 

Seperti diketahui, keinginan para petinggi Amazon untuk bisa mengandalkan drone sebagai pelaksana jasa pesan antar sudah diutarakan sejak tahun 2013. Sejak saat itu mereka serius mematangkan rencana untuk mendapatkan izin dan mewujudkan impian tersebut.

 

Tahun 2019, Pendiri Amazon, Jeff Bezos, sudah ingin meluncurkan program jasa antar drone tersebut. Namun, mereka terkendali izin dari otoritas setempat dengan alasan jaminan keamanan bagi warga.

 

Saat ini dengan kecanggihan sistem yang ada, pihak Amazon yakin sudah dapat menjalankan program tersebut dengan sangat aman. Otoritas terkait di AS saat ini tengah dalam proses untuk meresmikan izin yang akan mereka berikan ke Amazon agar bisa memulai programnya di tahun ini. (M-1)

BERITA TERKAIT