04 June 2022, 07:30 WIB

Pesawat Nirawak nan Canggih


Putri Rosmalia |

TAK bisa dimungkiri kehadiran drone dewasa ini membuat banyak aktivitas menjadi lebih mudah. Beberapa hal yang marak menggunakan drone saat ini di antaranya untuk kebutuhan mengambil gambar, mengantar barang, hingga mendeteksi panas.

Di Indonesia, satu pekan terakhir ramai dibahas mengenai penggunaan drone pendeteksi panas. Salah satu teknologi drone tersebut disebut berbagai media sebagai salah satu perangkat yang digunakan otoritas di Swiss dalam upaya pencarian putra Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang hilang di Sungai Aare Swiss.

Di berbagai wilayah Amerika Serikat, drone juga mulai marak digunakan untuk membantu proses pengiriman barang atau jasa pesan antar. Salah satunya dilakukan oleh raksasa retail Walmart. Setidaknya layanan antar jemput Walmart di enam wilayah di AS, yakni Arizona, Arkansas, Florida, Texas, Utah, dan Virginia telah memiliki pilihan layanan antar menggunakan drone.

Australia menggunakan teknologi drone untuk mendeteksi titik-titik api ketika terjadi kebakaran hutan. Sementara itu, di Ukraina, drone berperan besar membantu militer Ukraina yang hanya memiliki sumber daya manusia terbatas untuk memantau pergerakan tentara Rusia.

Saat ini berbagai perusahaan teknologi dan lembaga penelitian terus berlomba-lomba menciptakan drone-drone dengan teknologi termutakhir. Baik untuk kepentingan hiburan atau hobi, kegiatan bisnis, maupun kepentingan militer dan pengetahuan.

 Berikut ini beberapa drone dengan teknologi termutakhir saat ini.

 

Skydio Autonomy

Ini ialah drone teranyar yang dirilis perusahaan teknologi asal AS, Skydio. Skydio Autonomy meraih penghargaan sebagai inovasi terbaik di gelaran CES 2021. Bukan sekadar kamera, Skydio Autonomy sudah dilengkapi dengan artificial intelligence (AI) yang memungkinkannya terbang tanpa dikendalikan operator (autopilot).

Skydio Autonomy dilengkapi dengan enam kamera fisheye 200 derajat dan prosesor Nvidia TX2. Drone ini bukan hanya mampu mendeteksi objek di sekitarnya, melainkan juga dapat secara langsung memetakannya dan menyimpan datanya dalam bentuk grafis 3 dimensi. Layaknya pesawat tempur, Skydio Autonomy juga bisa bermanuver di medan yang menyulitkan.

Sistem AI juga membuat drone ini lebih aman dari benturan ketika diterbangkan. Bahkan, ketika sedang mode autopilot. Berkat kemampuannya tersebut, drone ini saat ini menjadi salah satu yang terbanyak digunakan otoritas layanan publik. Misalnya polisi, tim SAR, dan pemadam kebakaran.

 

DJI Matrice 300 RTK

Ini merupakan salah satu jenis drone paling populer yang digunakan publik saat ini. Drone ini sudah dilengkapi dengan layar sentuh dan ketahanan baterai hingga 55 menit terbang sekali pengisian.

Dilengkapi dengan sensor ToF (time of flight), DJI Matrice 300 RTK dapat memantau objek hingga sejauh 40 meter dari posisinya terbang. Drone ini dapat terbang hingga sejauh 15 kilometer dari posisi operator.

Salah satu keunggulan dari drone ini ialah ketahanannya terhadap cuaca ekstrem. DJI Matrice 300 RTK tahan pada paparan air hujan, angin, dan debu. Semua rintangan itu diklaim tak akan memengaruhi kualitas gambar dan video yang ditangkap.

Drone ini juga menjadi andalan banyak orang untuk melakukan latihan menerbangkan drone. Bukan karena hanya fiturnya yang canggih, melainkan karena DJI Matrice 300 RTK memiliki sistem yang memungkinkannya dikendalikan dua operator sekaligus. Hal itu akan memudahkan pelatih melakukan pemantauan dan penilaian.

 

Sky-Hero Loki Mk2

Sky-Hero Loki Mk2 merupakan pesawat nirawak yang khusus didesain untuk keperluan militer dan pertahanan. Drone ini dibuat oleh perusahaan teknologi asal Belgia.

Drone ini umumnya digunakan anggota militer untuk memantau keamanan sebuah lokasi dan mencari info tentang suatu tempat ketika akan melakukan operasi militer.

Kehadiran drone ini membantu mengurangi potensi kefatalan yang mengancam jiwa di medan perang. Dilengkapi dengan kamera dan mikrofon, Sky-Hero Loki Mk2 dapat diatur dalam mode idle untuk memantau pergerakan dan percakapan atau suara yang ada di sekitarnya. Sky-Hero Loki Mk2 juga dilengkapi dengan fitur mode malam sehingga bisa digunakan pada medan yang gelap.

Karena didesain khusus untuk membantu operasi militer, drone ini memiliki ketahanan sangat kuat. Drone ini tak akan rusak hanya karena menabrak tembok, terjatuh, atau dalam cuaca buruk. Terdapat juga fitur Turtle yang memungkinkan drone untuk membalik dirinya sendiri dan kembali terbang ketika terjatuh dalam posisi terbalik.

Sky-Hero Loki Mk2 tak dilengkapi dengan ruang penyimpanan data. Hal itu sengaja dilakukan guna menjaga keamanan data penggunanya. Dengan kata lain, jika drone ini ditemukan musuh, tak akan ada data yang bisa didapat pihak yang diintai.

 

Snap Pixy

Snap Pixy merupakan perangkat drone yang baru diluncurkan oleh Snapchat di awal tahun ini. Memiliki bentuk persegi panjang berwarna kuning, Pixy diklaim menjadi pelopor drone modern yang efisien untuk mengambil gambar.

Pixy memiliki ukuran sangat mini dengan berat hanya 101 gram. Drone ini bertenaga baterai yang dapat dilepas dan mampu terbang hingga sekitar 5 menit per baterai.

Drone ini dilengkapi dengan kamera 12 megapixel dan kapasitas penyimpanan 16 GB. Diperkirakan akan mampu menyimpan hingga 100 video dan 1.000 foto. Pixy juga dilengkapi dengan jaringan wi-fi agar memudahkan pengguna memindahkan gambar dari drone ke gawai atau komputernya.

Meski memiliki spesifikasi terbatas, pihak Snapchat mengatakan Pixy dapat jadi solusi bagi banyak orang yang juga ingin mengambil gambar dari jarak jauh. Seperti diketahui, selama ini drone identik dengan perangkat yang cenderung besar, rumit, dan berspesifikasi tinggi, serta mahal.

Dengan Pixy, kamera drone jadi bisa dimiliki dan digunakan oleh lebih banyak orang. Harganya relatif terjangkau, sekitar Rp2,5 juta.

 

Parrot ANAFI USA

Dibuat oleh perusahaan asal Prancis, Parrot, drone ini ditujukan khusus untuk kepentingan militer AS.

ANAFI USA memiliki kemampuan terbang hingga 32 menit di medan ekstrem sekalipun. Perangkatnya tahan cuaca ekstrem seperti badai dan salju. Dengan berat hanya 499 gram, drone ini mampu terbang dan bermanuver dengan lebih lincah.

Salah satu keutamaan dari drone ini hingga menjadi andalan militer AS ialah sistem penyimpanan datanya yang sangat aman, bahkan disebut sebagai sistem yang mustahil dibobol peretas paling andal sekalipun. Tak akan ada data yang dapat terbuka tanpa izin dari operator yang menjalankan drone ini.

Kelebihan lainnya ialah kemampuan memperbesar gambar hingga 32 kali. Dengan teknologi tersebut, drone ini bisa mendeteksi keberadaan manusia yang berjarak hingga 2 kilometer dari titik terbang. ANAFI USA juga dilengkapi dengan sensor pendeteksi panas. (M-2)

 

BERITA TERKAIT