01 June 2022, 22:00 WIB

COTTON USA Dukung Promosi Industri Busana Muslim Indonesia


Humaniora |

INDONESIA memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan produksi garmen dalam industri busana muslim, mengingat Indonesia memiliki populasi muslim terbesar di dunia. Berdasarkan data statistik per 31 Desember 2021 dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, tercatat 237,53 juta orang di Indonesia menganut agama Islam.

Pada Oktober 2021, pemerintah Indonesia mencanangkan inisiatif untuk mempromosikan Indonesia sebagai pusat industri busana muslim dunia. Selain itu, pemerintah berencana untuk mengembangkan lebih luas ekspor kain dan garmen busana muslim dari Indonesia ke berbagai negara di dunia.

Peluang inilah yang dimanfaatkan  asosiasi perdagangan nirlaba yang mempromosikan serat kapas Amerika Serikat (AS) yakni Cotton Council International (CCI) untuk mendorong penggunaan kapas dari AS demi mendukung pertimbuhan industri busana muslim.

Baca juga: Ikuti Apple, Samsung Ogah Jor-Joran Produksi Ponsel

“Komitmen dan konsistensi kami dalam memberikan nilai tambah bagi industri tekstil secara global — tidak terkecuali di Indonesia — senantiasa kami wujudkan melalui berbagai inisiatif,” kata perwakilan CCI di Indonesia  Andy Do dalam webinar bertema COTTON USA™ dan U.S. COTTON TRUST PROTOCOL® in the Muslim Fashion Wear Industry yang digelar daring, Selasa (31/5). 

“Kami memahami bahwa pasar untuk busana muslim di Indonesia memiliki potensi yang besar sehingga dapat ditingkatkan untuk menghasilkan pendapatan ekspor yang tinggi di masa mendatan,” lanjutnya.

Ini merupakan kali pertama CCI memperkenalkan COTTON USA ke industri busana muslim di Indonesia.  CCI juga menekankan bagaimana industri kapas AS adalah pemenang dari produk keberlanjutan dan transparansi.

CCI, lanjut Andy, mendukung promosi Indonesia sebagai pusat industri fesyen muslim dan mendorong lebih banyak ekspor busana muslim dari Indonesia ke berbagai negara di dunia.

Andy menjelaskan, CCI juga mempromosikan empat grup tekstil Indonesia dan satu desainer, yang menggunakan kapas AS berkualitas tinggi dan berkelanjutan saat memproduksi kain dan garmen muslim mereka untuk pasar domestik dan ekspor. 

Program lisensi Cotton USA, Cotton USA Solutions dan Cotton Trust Protocol A.S. dapat menguntungkan pabrik tekstil, merek dan desainer lokal Indonesia. Program tersebut menawarkan bantuan teknis dari ahli secara gratis kepada pabrik pemintalan Indonesia yang merupakan pemegang lisensi. Bantuan diharapkan akan dapat meningkatkan produktivitas, meningkatkan hasil produksi, dan menghemat biaya operasional. (H-3)

BERITA TERKAIT