28 May 2022, 13:00 WIB

Ini Cara Menyimpan Alpukat yang Berbahaya Bagi Kesehatan


Devi Harahap |

BADAN pengawas obat dan makanan Amerika Serikat (AS), Food & Drug Administration (FDA), memperingatkan bahwa menyimpan alpukat perlu kehati-ahtian. Beberapa cara menyimpan alpukat bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

 

Cara penyimpanan yang harus dihindari adalah merendam alpukat dan menyimpannya di lemari es. Cara ini nyatanya cukup dikenal di kalangan penyuka alpukat karena dapat membuat buah itu awet hingga dua minggu.

 

"FDA tidak merekomendasikan praktik itu (menyimpan di lemari es dengan terendam air). Perhatian utama adalah dengan kemungkinan bahwa sisa patogen manusia (yaitu, Listeria monocytogenes, Salmonella spp., dan lain-lain) yang mungkin berada di permukaan alpukat, berpotensi berkembang biak selama penyimpanan ketika terendam air," kata juru bicara, seperti dikutip dari bestlife.com, Selasa (24/5).

 

FDA juga mengingatkan bahwa cara mengupas alpukat tidak bisa disamakan dengan jeruk dan pisang, yang tidak dicuci kulitnya. Menurut penelitian yang diterbitkan oleh FDA pada tahun 2018, alpukat sebenarnya bisa dipenuhi dengan mikroorganisme berbahaya. 

 

Setelah menguji 1.615 sampel alpukat antara tahun 2014 dan 2016, mereka menemukan bahwa 0,74 persen sampelnya positif Salmonella, sedangkan 0,24 persen sampel daging alpukat dan 17,73 persen sampel kulit alpukat dinyatakan positif Listeria monocytogenes.  Kedua bakteri tersebut dapat menyebabkan penyakit serius dan berpotensi fatal jika dikonsumsi.

 

Sebab itu, penting untuk mencuci alpukat terlebih dahulu sebelum memotong kulit atau mengupasnya agar kotoran dan bakteri tidak berpindah dari kulit alpukat ke pisau hingga ke daging buahnya.

 

Lalu, bagaimana cara menyimpan alpukat agar tidak cepat matang dan busuk?

 

Jika Anda masih khawatir tentang bagaimana menjaga agar alpukat tidak matang dan busuk terlalu cepat, masih ada beberapa cara sederhana dan aman untuk memastikannya bertahan cukup lama untuk Anda nikmati. 

 

1. Menyimpan alpukat yang belum matang.

Anda harus menyimpan alpukat yang belum matang di meja Anda sebelum memasukkannya ke dalam lemari es tepat saat akan matang atau matang.  Dengan menempatkannya dalam wadah kedap udara yang dapat ditutup rapat, Anda dapat melihat umur buah bertahan selama dua minggu.

 

2. Oleskan beberapa tetes lemon atau air jeruk nipis.

Jika Anda memiliki setengah potong alpukat di lemari es Anda, Anda masih bisa memastikannya tetap baik untuk nanti.  Menurut Today, oleskan beberapa tetes lemon atau air jeruk nipis ke permukaan potongan buah sebelum menutupinya dengan bungkus plastik dapur, pastikan itu menekan sebanyak mungkin ke daging untuk meminimalkan kontak udara.  Trik ini dapat memberi Anda satu atau dua hari ekstra kesegaran dari alpukat Anda. (M-1)

BERITA TERKAIT