21 May 2022, 07:20 WIB

Tiktok Uji Coba Fitur Bermain Gim


M-2 |

TIKTOK tengah menguji coba fitur terbaru mereka terkait dengan gim. Fitur tersebut nantinya diproyeksikan untuk memungkinkan para gamers yang melakukan siaran langsung bermain bersama dengan para penontonnya.

Dilansir dari theverge.com, Jumat (20/5), saat ini uji coba pertama dilakukan oleh Tiktok di Vietnam. Belum diinfokan lebih lanjut berapa lama uji coba tersebut akan berjalan. Termasuk kapan targetnya fitur tersebut akan dirilis secara umum pada pengguna Tiktok global.

Pihak Tiktok mengungkapkan dalam keterangan resminya, mereka terus melakukan upaya untuk mengoptimalkan dampak positif platformnya pada penggunanya. Termasuk untuk menambah potensi peningkatan pendapatan bagi para kreator konten.

Rencananya, sebagai permulaan nantinya gim yang akan dihadirkan dalam fitur tersebut ialah gim-gim yang dikembangkan oleh perusahaan induk mereka, ByteDance. Fitur bermain gim bersama itu nantinya juga akan didukung kehadiran beberapa iklan yang dapat menambah pemasukan para pemain.

Ambisi Tiktok untuk merambah dunia gim memang sudah terlihat setidaknya dalam satu tahun terakhir. Sebelumnya Tiktok telah mencoba menghadirkan sebuah mini gim hasil kerja sama dengan Feeding America, Garden of Good. Garden of Good merupakan permainan dengan tipe permainan seperti Farm Ville. Pemain dapat mengumpulkan poin dalam gim yang dapat digunakan untuk berdonasi dalam bentuk uang.

Tahun lalu Tiktok juga mengumumkan kerja sama dengan perusahaan pengembang Farm Ville, Zynga. Mereka membuat permainan Disco Loco 3D.

Keinginan Tiktok merambah dunia gim itu memang bukan hal baru di ekosistem media sosial dan layanan digital lainnya. Sebelumnya, Facebook dan Netflix juga telah melakukan ekspansi ke dunia gim.

Tidak bisa dimungkiri gim menjadi salah satu hal yang membuat pengguna Facebook tetap bertahan mengunakan platform mereka hingga saat ini. Berbagai gim menjadi sangat populer di Facebook, bahkan hingga membentuk komunitas-komunitasnya sendiri.

Sementara itu, Facebook saat ini diketahui juga memang tengah sangat serius mengembangkan fitur siaran langsungnya. Berbagai fitur baru dihadirkan untuk menambah engagement atau minat masyarakat untuk melihat dan ikut membuat tayangan siaran langsung di akun Tiktok mereka.

Salah satu fitur yang dihadirkan untuk menambah daya tarik layanan siaran langsung itu ialah sistem pemberian gift atau donasi bagi para live streamer. Gift yang diberikan berbentuk berbagai jenis barang, hewan, hingga emoticon digital.

Hadiah yang dikirimkan akun-akun penonton tersebut dapat dikumpulkan dan dikonversikan menjadi koin Tiktok. Setiap 13 koin yang terkumpul kemudian dapat ditukarkan menjadi uang tunai sebesar Rp3.200. (M-2)

 

BERITA TERKAIT