19 May 2022, 09:08 WIB

Album Milik John Lennon dan Memorabilia Musik Koleksi Penyiar BBC ini bakal Dilelang


adiyanto |

ALBUM rekaman dan memorabilia dari sejumlah musisi  koleksi mantan penyiar terkenal BBC John Peel,  bakal dilelang bulan depan. Sejumlah artefak yang akan dilelang itu termasuk album Two Virgins milik mendiang John Lennon dan istrinya Yoko Ono, yang dirilis dalam bentuk piringan hitam pada 1968.  Album ini diperkirakan diperkirakan dijual antara £15.000 dan £20.000 (Rp270 juta-Rp360 juta).

Dalam sebuah pernyataan yang dilansir The Guardian, Kamis (19/5)  keluarga Peel mengatakan "John/ayah kami memiliki akses ke banyak orang dan punya acara paling terkenal dalam sejarah musik populer. Hal ini tercermin dari kekayaan oleh-oleh yang ia kumpulkan. Dalam melewati akumulasi 40 tahun momen musik pop, kami memutuskan untuk menjual beberapa item paling menarik, yang mungkin ingin dimiliki penggemarnya.”

Selain album tersebut, barang-barang lain yang akan dilego adalah surat tulisan tangan yang ditandatangani oleh David Bowie, sebuah single dari Nirvana pada 1988 Love Buzz/Big Cheese. serta  gramofon milik Radio 1 BBC, yang diletakkan di meja rumah keluarga John Peel di Suffolk, Inggris.

Katherine Schofield, direktur departemen budaya populer di balai lelang Bonhams, mengatakan John Peel memiliki dampak luar biasa pada lanskap musik. Tanpa pembelaannya yang penuh semangat terhadap bakat yang muncul, generasi pecinta musik mungkin tidak akan pernah mendengar suara The Undertones, Sex Pistols, dan banyak lagi lainnya.

“Koleksi ini, yang ditawarkan langsung oleh keluarganya, terdiri dari beberapa rekaman langka milik Peel yang telah berusia beberapa dekade. Bahkan banyak di antaranya disertai dengan surat dari musisi yang bersangkutan atau manajemen mereka.”

Peel meninggal karena serangan jantung pada 2004 dalam usia 65 tahun. Dia adalah salah satu penyiar Radio 1 yang paling lama bekerja di BBC, sejak 1967 sampai kematiannya. Dia dikenal karena selera musiknya yang luas dan banyak membantu karier sejumlah musisi seperti PJ Harvey, Captain Beefheart, Pulp, dan White Stripes.(M-4)

BERITA TERKAIT