15 May 2022, 05:20 WIB

RISALIANUS AJA DAN ARNOLDUS SORO : Membesarkan Adik dan Merawat Orangtua


(*/M-1) | Weekend

TIDAK hanya menjadi tulang punggung keluarga, ada pula anak yang harus sekaligus merawat orangtua yang sakit. Inilah yang dialami Risalianus Aja yang tinggal di Kampung
Kota Tunda, Desa Nanga Meje, Kecamatan Elar Selatan, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ibunda Risal, Wihelmina Mbi, mengalami lumpuh dan bisu sejak 2016 seusai melahirkan anak bungsunya. Wihelmina juga mengalami gangguan kejiwaan. Adapun sang ayah,
Benediktus Poseng, belum lama ini meninggal setelah mengalami lumpuh sejak 2019.

Sejak kedua orangtua lumpuh, Risal berinisiatif untuk bekerja dengan menjual hasil kebun mereka, seperti kemiri, kopi, dan kakao. “Bangun pagi saya masak dulu kasih makan dulu mama.

Setelah masak, terus saya pergi ke sekolah. Pulang sekolah saya pergi petik kemiri, petik kopi, petik kakao, dijual ke pedagang terdekat di desa,” kata Risal, yang tampil di Kick Andy secara virtual.

Siwa kelas 1 SMPN Sopang Rajo itu didampingi oleh Arnoldus Soro, Kepala Desa Nanga Meje, Manggarai Timur.

Arnoldus mengatakan guru-guru di sekolah mengetahui keadaan Risal. Sebab itu, mereka memberi dukungan. “Dalam perjalanan dia ke sekolah sering terlambat, tapi guru memahami karena tentu Risal begitu sibuk pagi. Kepala sekolah di sekolah ada support, dari teman-teman ada rasa bangga. Itu yang membuat dia terdorong mengejar cita-cita dan mengurus keluarganya,” katanya.

“Harapan dari saya selaku kepala desa bahwa Risal menjadi anak yang baik untuk nusa dan bangsa. Cita-citanya jadi polisi, saya dukung. Harap annya dari pihak lain yang berhati baik juga turut membantu keluarga Risal,” kata Arnoldus.

Dalam episode Kick Andy ini juga tampil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati. “Situasi anak Indonesia, tentu ini menjadi PR bagi kita semua untuk mencarikan solusinya. Kita sangat prihatin melihat anak-anak yang semestinya mereka mengenyam pendidikan harus menjadi tulang punggung keluarga,” ujarnya.

Di penghujung acara, Menteri Bintang memberikan apresiasi kepada anak-anak hebat yang hadir sebagai bintang tamu Kick Andy episode Anak Tulang Punggung Keluarga. Apresiasi apa yang diberikan? Simak tayangan selengkapnya pukul 19.05 hanya di Metro TV. (*/M-1)

BERITA TERKAIT