11 May 2022, 09:22 WIB

Usir Lalat Buah di Rumah dengan Cara Ini


Nike Amelia Sari | Weekend

Lalat buah dapat muncul kapan saja karena mereka tertarik pada makanan yang matang dan membusuk. Buah dan sayuran terutama pisang, melon, tomat, labu, dan apel adalah favorit mereka.  Bawang dan kentang busuk juga merupakan daya tarik besar bagi serangga ini.

Lalat buah betina dewasa dapat bertelur hingga 2.000 butir di permukaan apa pun yang lembab dan membusuk.  Dalam waktu 30 jam, belatung kecil menetas dan mulai memakan makanan yang membusuk.  Dalam 2 hari, mereka semua sudah dewasa dan siap kawin juga.  Sementara transisi itu mungkin tampak cepat, lalat buah hanya hidup 8 hingga 15 hari

Penelitian menunjukkan lalat buah dapat memindahkan kuman dari permukaan yang kotor ke permukaan yang bersih.  Beberapa bakteri yang mungkin mereka bawa termasuk salmonella, E. coli, dan listeria.  Ketiga kuman ini masing-masing menyebabkan keracunan makanan.  Kasus yang parah dapat menempatkan Anda di rumah sakit dan bahkan dapat mengancam jiwa.

Lalu, bagaimana cara untuk mengusir lalat buah? Melansir dari webmd.com, jika Anda memiliki masalah ini, semprotan serangga akan membunuh mereka tetapi tidak akan menghentikan penetasan telur.  Untuk menyingkirkan semua lalat buah di rumah, Anda bisa melakukan cara-cara berikut.

1. Carilah tempat di mana lalat buah dapat berkembang biak.  
Periksa dan bersihkan tumpahan lengket atau makanan busuk di meja Anda, di dalam laci dan lemari, di bawah lemari es, dan di bawah peralatan dapur lainnya. Selain buah dan sayuran yang terlalu matang, lalat buah dapat bertelur di kain lap dan kain pel, dan bahkan di kaleng kosong.

2. Bersihkan saluran pembuangan sampah. 

Anda bisa menuangkan air mendidih ke dalamnya atau menempelkan kantong plastik bening untuk menyimpan makanan di atasnya dan membiarkannya semalaman.  Lalat buah dewasa akan mencoba keluar dari saluran pembuangan, dan Anda akan menemukannya di dalam kantong di pagi hari.

3. Buat jebakan.  
Tempatkan mereka di mana pun Anda pernah melihat lalat buah. Anda dapat membuat perangkap berikut.

- Perangkap anggur: Isi bagian bawah stoples kecil dengan percikan anggur.  Buat kerucut dari selembar kertas.  Letakkan kerucut di atas toples dengan ujung sempit mengarah ke atas.  Anggur akan menarik lalat dan kerucut akan menyimpannya di toples.

- Perangkap buah busuk: Ikuti langkah-langkah di atas, tetapi letakkan potongan buah busuk di bagian bawah toples.

- Perangkap cuka sari apel: Ikuti langkah-langkah di atas, tetapi masukkan cuka sari apel ke dalam stoples.

- Cuka sari apel dan sabun cuci piring: Campur bahan dalam wadah.  Cuka akan memancing lalat masuk, tetapi sabun cuci piring membuat lalat sulit kabur.

- Perangkap ragi: Ikuti langkah-langkah di atas, tetapi tukar campuran cuka dengan satu gelas air, sebungkus ragi kering aktif, dan satu sendok teh gula.

 Gunakan semprotan serangga dengan hati-hati.  Jika Anda ingin mencoba semprotan serangga atau kabut, ingatlah bahwa mereka mengandung bahan kimia beracun.  Baca label dengan cermat dan ikuti panduan keselamatan.  Jauhkan dari anak-anak dan hewan peliharaan.(M-4)

 

BERITA TERKAIT