10 May 2022, 19:35 WIB

Lima Manfaat Super dari Kunyit


Devi Harahap |

KUNYIT adalah salah satu tenaman rempah-rempah yang kerap dijadikan bumbu untuk masakan Asia. Namun, dalam beberapa dekade terakhir, kunyit juga menjadi superstar bagi praktisi kesehatan alami dengan khasiat penyembuhan luar biasa.

Seorang dokter spesialis nutrisi dan penulis Spice It Up: Live Long, serta anggota dari Dewan Penasihat Kesehatan Forbes mengatakan bahwa kunyit mengandung zat anti peradangan dan anti oksidan sehingga mampu menjadi obat alami untuk tubuh.

“Kunyit adalah salah satu jenis obat alami yang memiliki zat anti-peradangan dan antioksidan paling kuat,” kata Melina Jampolis, M.D seperti dilansir dari Forbes (7/7/21).

Baca juga: Kunyit, Apel, Anggur Obat Kanker Prostat

“Hal ini terjadi karena kunyit mampu menghasilkan tingkat molekuler untuk menurunkan regulasi gen inflamasi.

Tidak ada satu hal yang bisa menjadi obat atau pencegahan untuk semua penyakit, tapi kunyit menjadi tumbuhan teratas yang mamiliki banyak manfaat untuk tubuh.”

Menurut seorang ahli gizi dan nutrisi kesehatan, Toby Amidor jika ditinjau dari sisi ilmu kesehatan, kunyit setidaknya memiliki 5 manfaat untuk tubuh. 

5 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh:

1. Potensi Perlindungan Dari Penyakit Alzheimer

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Kunyit memiliki efek positif pada penyakit Alzheimer.

Hal ini dapat mencegah pembentukan dan mendorong pemecahan protein jahat (plak beta-amiloid) yang terbentuk di antara sel-sel saraf otak dan merusak komunikasi mereka (ciri khas Alzheimer).

Pada akhirnya, sel-sel saraf mati, merusak kognisi yang tidak dapat diperbaiki. (Faktanya, Aduhelm, sebuah pengobatan farmasi terbaru untuk penyakit Alzheimer, melakukan metode yang sama dengan mengurangi plak beta-amiloid).

Baca juga: Secangkir Teh Hitam Kurangi Risiko Alzheimer

2. Meredakan Arthritis

Nyeri dan disfungsi sendi merupakan ciri osteoarthritis, dan penghilang rasa sakit seperti aspirin dan ibuprofen adalah pengobatan yang paling umum.

Namun, berbagai penelitian mendokumentasikan efektivitas kunyit dalam mengurangi peradangan dan nyeri sendi dengan baik tanpa efek samping gastrointestinal seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID).

3. Peningkatan Kesehatan Otak

Kunyit bermanfaat bagi otak. Sifat antioksidan dan anti-inflamasi polifenol juga dapat membantu mencegah atau mengurangi gejala penyakit neurodegeneratif lainnya seperti demensia, penyakit Huntington, multiple sclerosis dan penyakit Parkinson.

4. Dapat Meningkatkan Mood

Dalam uji klinis kecil, kurkumin mengurangi depresi berat dan, dalam beberapa kasus, meredakan kecemasan pada subjek penelitian.

Seorang ahli Otak dan Neurologi, Dr,Jampolis mengatakan bahwa kunyit bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati karena zat yang ada di dalamnya dapat meningkatkan faktor neurotropik yang diturunkan dari otak.

Baca juga: Menguak Khasiat Isi Mpon-Mpon yang Lagi Hits

Kandungan protein yang ada dapat menjaga sel-sel saraf tetap sehat, hal ini dirangsang oleh zat polifenol yang terdapat pada tumbuhan seperti kunyit. Hal ini juga berfungsi untuk regenerasi saraf.

5. Perlindungan Dari Peradangan

Para peneliti mengatakan zat antioksidan dan anti-inflamasi yang terdapat pada kunyit dapat memberikan perlindungan terhadap perkembangan penyakit kronis seperti jantung dan diabetes.

Salah satu bidang penelitian terbaru mengenai mikrobiota usus, para peneliti kerap mempromosikan kunyit sebagai tumbuhan yang dapat mengubah mikrobioma usus menjadi efek postif pada seluruh tubuh dan pikiran.

Kunyit juga memiliki sifat antiseptik, anti-virus, dan anti-kanker. Ini telah digunakan untuk memodulasi respons imun yang terlalu agresif yang dialami beberapa pasien COVID-19 (yang disebut “badai sitokin”. Para peneliti melihatnya sebagai pencegahan dan terapi untuk COVID-19. (M-1)

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT