07 May 2022, 06:29 WIB

Yuk, Bersih-Bersih Rumah dengan Cara Ramah Lingkungan


Nike Amelia Sari | Weekend

Kondisi kebersihan rumah dapat memengaruhi pernapasan, kesehatan dan bahkan lingkungan. Dalam pembersihan rumah, Anda mungkin berpikir rumah Anda bersih karena dibersihkan dengan pemutih dan mengepel lantai dengan pembersih beraroma bunga, tetapi jika Anda hanya menyiramnya dengan pembersih kimia, rumah Anda sebenarnya dipenuhi dengan bahan kimia beracun yang sebenarnya bisa lebih banyak merugikan. Maka dari itu, disarankan menggunakan bahan-bahan alami untuk membersihkan rumah agar tidak menghirup bahan-bahan berbahaya.   

Hal-hal seperti cuka putih, soda kue, dan kulit jeruk pada dasarnya adalah semua yang Anda butuhkan untuk membuat banyak produk pembersih ramah lingkungan.  Berikut adalah tips-tips pembersihan untuk membuat rutinitas Anda lebih ramah lingkungan, seperti dikutip dari ehow.com, situs DIY, Kamis (5/4).

1. Pakai Ulang Kaus Kaki Lama

  Sebelum Anda membuang kaus kaki lama, Anda dapat menggunakan kembali untuk kain lap pembersih.  Cukup masukkan tangan Anda ke dalam dan bersihkan debu.  Kain kaus kaki sangat bagus untuk membersihkan debu seperti kerai horizontal dan kipas langit-langit karena Anda dapat menahan debu tersebut daripada membuatnya jatuh ke lantai seperti jika Anda menggunakan handuk kertas.

  Semprotkan sedikit produk pembersih alami favorit Anda langsung ke kaus kaki dan bersihkan debunya.  Goyangkan kaus kaki di atas tong sampah secara berkala untuk membuang partikel debu yang terlepas sebelum kembali bekerja.  Cuci kaus kaki bekas seperti yang biasa Anda lakukan.
  
 2.  Buat produk pembersih dari bahan alami

  Alih-alih pergi keluar dan membeli banyak produk pembersih alami, buatlah sendiri.  Ini dapat dilakukan dengan bahan-bahan yang mungkin sudah Anda miliki di rumah, dan jika Anda tidak memilikinya, bahan-bahan tersebut mudah dan murah untuk diperoleh.

  Yang Anda butuhkan untuk membuat pembersih serba guna alami sendiri adalah cuka putih, air, dan minyak esensial favorit Anda.  Campurkan cuka dan air dengan perbandingan yang sama, lalu tuangkan semua bahan ke dalam botol semprot. Anda dapat menggunakan pembersih serba guna pada apa pun di rumah Anda, mulai dari peralatan baja tahan karat hingga wastafel, bak mandi, dan bahkan lantai Anda. Namun, berhati-hatilah saat menggunakan di atas meja batu karena bisa terlalu abrasif.

3. Gunakan Kulit Jeruk untuk Membersihkan Tempat Pembuangan Sampah

Saat Anda mengupas jeruk yang berair untuk camilan atau memotong lemon, jangan terlalu cepat membuang kulitnya ke tempat sampah.  Sebaliknya, simpan dan buang ke tempat pembuangan sampah. Untuk pembuangan sampah yang berbau busuk, Anda juga dapat menambahkan beberapa potong es ke dalam campuran.  Es akan membersihkan kotoran dari bilah.

4. Membuat cuka putih

  Cuka putih adalah salah satu produk pembersih alami terbaik yang pernah ada, tetapi baunya mungkin tidak disukai semua orang.  Ada perbaikan mudah untuk itu.  Cukup buat cuka beraroma DIY Anda sendiri yang akan membuat rumah Anda berbau bersih dan segar sepanjang hari.

  Apakah Anda lebih suka cuka beraroma rosemary, jeruk, lemon atau pinus, semuanya mudah dibuat, dan masing-masing memiliki kemampuan pembersihan khusus.  Cuka yang mengandung jeruk sangat bagus untuk membersihkan lemak di dapur, sedangkan yang beraroma lemon sangat cocok untuk membersihkan dan mendisinfeksi kamar mandi.  Yang beraroma pinus sangat ideal untuk lantai kayu, dan rosemary sangat bagus untuk setiap ruangan di rumah.  Buatlah sebotol masing-masing dan Anda akan dapat membersihkan seluruh rumah Anda dengan bahan-bahan alami yang akan membuat Anda merasa nyaman dengan pilihan Anda.

 5. Memurnikan Udara Secara Alami

  Hal-hal seperti semprotan penyegar udara, lilin beraroma, dan plug-in mungkin membuat rumah Anda berbau harum, tetapi semuanya melepaskan bahan kimia beracun ke udara rumah Anda setiap kali Anda menggunakannya.  Mereka semua mengandung ftalat - bahan kimia yang dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal, hati, dan seluruh sistem saraf Anda.

  Ikuti rute ramah lingkungan dan bersihkan serta segarkan udara Anda dengan cara alami dengan menambahkan tanaman pot ke rumah Anda.  Tanaman pot adalah cara yang bagus untuk mencerahkan rumah Anda dan membantu menghilangkan racun dan bau yang tersisa tanpa menambahkan lebih banyak. 

6. Hentikan Penggunaan Pemutih Pakaian

  Jika Anda mencoba beralih ke rutinitas pembersihan ramah lingkungan, ada bahan kimia yang harus Anda hentikan dari persediaan Anda, seperti pemutih.  Pemutih melepaskan asap beracun dan dapat menyebabkan iritasi ekstrem pada kulit dan mata saat disentuh.

Apabila kaos putih favorit Anda terkena noda, jangan repot-repot mencari pemutihnya.  Jemur pakaian Anda sebagai gantinya dan biarkan matahari melakukan semua pekerjaan.  Matahari adalah pemutih alami dan tidak hanya akan membantu menghilangkan noda tetapi juga akan mengurangi kerutan.  Pengeringan oleh matahari bahkan akan membuat pakaian Anda bertahan lebih lama karena lebih lembut pada pakaian Anda daripada pengering.

  Pemutih mengandung banyak bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan masalah pernapasan yang serius, dan pengering menggunakan banyak energi.  Mengeringkan pakaian Anda lebih baik untuk lingkungan dan akan membuat pakaian Anda segar dan bersih.  

7. Penggunaan Minyak Atsiri Sebagai Pengharum

Wewangian yang menggunakan bahan-bahan kimia buatan dapat berbahaya bagi tubuh Anda ketika dihirup.  Beralihlah ke alternatif alami dan Anda tidak perlu khawatir tentang apa yang Anda hirup lagi.

  Minyak atsiri adalah cara alami untuk menambahkan wewangian ke hampir semua hal, dan datang dalam berbagai aroma yang berbeda, seperti lavender, eucalyptus, dan mint.  Tambahkan beberapa tetes favorit Anda ke hal-hal seperti semprotan pembersih alami Anda.  Karena minyak esensial aman dan berbau harum, Anda akan selalu yakin dengan kualitas udara rumah Anda.

 8. Gunakan Baking Soda untuk Membersihkan Kotoran

  Ada beberapa tempat di rumah, seperti kamar mandi, di mana Anda mungkin merasa hanya membutuhkan kekuatan pembersih kimia untuk menghilangkan kotoran, tetapi produk alami juga bisa sama efektifnya.  Salah satu produk pembersih alami terbaik mungkin sudah dapat ditemukan di lemari dapur Anda ialah soda kue.

  Soda kue adalah bahan lain yang tidak berbahaya dan sangat baik dalam membersihkan kotoran dan noda.  Tuangkan beberapa sendok baking soda langsung ke dalam mangkuk toilet Anda dan gosok dengan sikat toilet seperti biasa.  Tambahkan beberapa tetes minyak esensial favorit Anda ke mangkuk untuk aroma yang menyegarkan.  

  Soda kue juga dapat digunakan untuk menggosok nat, wastafel, dan bagian dalam bak mandi.  Pastikan untuk membilas semuanya dengan baik agar tidak ada pasir yang tersisa. (M-2) 

BERITA TERKAIT