21 March 2022, 09:09 WIB

Warung Ikhlas, Solidaritas Antarwarga Berbagi Makanan Gratis di Kota Depok


Nike Amelia Sari |

Setelah menginisiasi sejumlah Warung Ikhlas di berbagai lokasi selama kurun waktu hampir dua tahuni, kini jemaah kajian keagamaan Ridho Allah hari ini resmi membuka Warung Ikhlas keempat di kawasan Jabodetabek, tepatnya berlokasi di Masjid Baitul Mukminin, Depok.

Sesuai namanya, Warung Ikhlas memberikan makanan gratis kepada siapa saja yang membutuhkan. Warung Ikhlas di lokasi ini menyediakan 100 porsi makanan dan minuman gratis dari Senin hingga Jumat mulai pukul 11.00 hingga 14.00 WIB.

Sebelumnya sudah ada sejumlah Warung Ikhlas yaitu tujuh lokasi di Yogyakarta, dua lokasi di Semarang, dua lokasi di Purwokerto, serta tiga lokasi di Jakarta. Untuk tiga titik Warung Ikhlas yang berada di Jakarta sudah dikelola secara mandiri oleh warga di lokasi tersebut.

Selain anggaran dana yang berasal dari para jemaah kajian keagamaan Ridho Allah, Warung Ikhlas di Depok mendapat bantuan dari jemaah Masjid Baitul Mukminin, baik berupa uang, barang, maupun sumbangsih pikiran.

"Jadi bertukar kebaikan, ada juga yang mau bantu masak untuk makanannya. Nantinya juga diajak ibu-ibu dan bapak-bapak yang lebih banyak lagi, lalu dilatih untuk pengelolaan Warung Ikhlas sehingga nanti 100%  bisa diambil alih semuanya" kata Antono Basuki, Pimpinan Pengajian Ridho Allah saat peresmian Warung Ikhlas keempat ini, Minggu (20/3).

Seperti Warung Ikhlas di lokasi lainnya, Antono mengatakan Warung Ikhlas di lokasi ini juga menerima layanan konseling yang bersandar pada nilai keagamaan bagi warga terkait permasalahan hidup yang dihadapinya.

Antono mengungkapkan inti utama dari adanya Warung Ikhlas ialah untuk mendapat ridho dari Sang Maha Pencipta. "Harapan saya, semoga apa yang kita lakukan ini diterima oleh Allah dan kami pun dapat Ridhonya, itu intinya. Semoga Allah juga memberikan kemudahan agar ini (Warung Ikhlas) bisa disebarluaskan," ucap Antono. (M-4)

BERITA TERKAIT