18 March 2022, 13:59 WIB

Kiat Menghilangkan Flek Hitam di Wajah


Putri Rosmalia Oktaviyani |

Flek hitam pada wajah dapat bertambah akibat hiper pigmentasi. Hiper pigmentasi merupakan peningkatan jumlah melanin pada kulit yang terjadi akibat berbagai faktor.

Pakar dermatologi Universitas Yale, AS, Michele Green mengatakan faktor utama kemunculan flek hitam umumnya adalah akibat jerawat, paparan sinar matahari, hingga defisiensi nutrisi akibat bertambahnya usia.

“Tapi dapat dikatakan dari berbagai penelitian bahwa mayoritas penyebab kemunculan flek hitam ialah akibat paparan sinar matahari,” ujar Green, seperti dilansir dari vogue.com, Jumat, (18/3).

Ketika kulut terpapar matahari secara berlebihan, kulit akan melakukan upaya proteksi alaminya dengan memproduksi melanin. Melanin berfungsi untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV yang dapat merusak sel kulit.

Menurut Green, jika sudah terlanjur memiliki flek hitam yang mengganggu penampilan di wajah, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalisirnya.

1.Selalu gunakan SPF
Green mengatakan langkah utama untuk melindungi kulit dari bertambahnya flek hitam ialah dengan rutin menggunakan produk yang mengandung SPF atau sunscreen. Gunakan setidaknya sunscreen dengan kandungan SPF 30 setiap hari dan aplikasikan ulang setiap beberapa jam ketika berada di luar ruangan.

2.Gunakan produk kaya antioksidan
Pastikan selalu untuk menggunakan produk perawatan wajah yang kaya akan antioksidan. Antioksidan memiliki kemampuan untuk mereduksi radikal bebas yang juga dapat memicu hiperpigmentasi. Carilah produk yang mengandung vitamin A, C, E, dan zat ferulic acid, resveratrol, dan niacinamide.

3.Gunakan Retin-A atau Retinol
Mengangkat sel kulit mati sangat penting untuk dilakukan secara rutin. Hal itu bisa dilakukan salah satunya dengan menggunakan produk Retin-A atau Retinol yang berfungsi untuk membantu exfoliating. Produk-produk yang mengandung Retinol atau Retin-A dapat dengan mudah dicari dan dibeli tanpa memerlukan resep dokter.

4.Penggabungan produk exfoliating
Green mengatakan, pemilihan produk yang mengandung beberapa zat untuk exfoliating sekaligus dapat menjadi opsi menghilangkan flek hitam pada wajah. Misalnya menggunakan produk yang mengandung AHA dan zat lain seperti glycolic, mandelic, dan lactic acids. (M-4)

BERITA TERKAIT