15 March 2022, 23:38 WIB

TikTok jadi Aliansi Festival Film Cannes 2022


Irana | Weekend

TikTok telah menjadi mitra resmi Festival Film Cannes — kemitraan yang memungkinkan festival film internasional itu terhubung dengan platform digital berisi satu miliar pengguna itu.

Meskipun melarang selfie di karpet merah beberapa tahun yang lalu, Cannes kini ingin menarik perhatian global dan akan memberi pengguna TikTok konten eksklusif dari belakang panggung, adegan karpet merah yang glamor, dan wawancara dengan bakat. 

Bertujuan untuk memosisikan dirinya sebagai platform hiburan dan pembuat konten teratas dunia, TikTok  juga telah meluncurkan #TikTokShortFilm, kompetisi film pendek vertikal dalam aplikasi global yang berdurasi antara 30 detik dan 3 menit. 

Juri #TikTokShortFilm edisi pertama akan dipimpin oleh sutradara ternama yang namanya akan dirilis kemudian. Tiga pemenang akan diumumkan dalam festival di sebuah acara yang dihadiri oleh Ketua Festival Cannes, Thierry Fremaux.


Seperti merek mewah Kering, salah satu mitra resmi utama Cannes, TikTok juga akan mendukung festival secara finansial. Rich Waterworth, manajer umum TikTok di Eropa, menggambarkan Festival Film Cannes sebagai “momen ikonik yang telah mengubah lanskap sinema global.” 

“Kami benar-benar merasa terhormat untuk menyambut mereka sebagai mitra resmi. Penggemar hiburan dari seluruh dunia beralih ke TikTok untuk dihibur, mengekspresikan diri, atau menemukan sesuatu yang baru, tetapi mereka berbagi rasa yang otentik dan bermanfaat sebagai komunitas, tidak seperti di tempat lain,” kata Waterworth.

Mengomentari kemitraan tersebut, Fremaux mengatakan dirinya penasaran untuk melihat bagaimana TikTok “berbagi keajaiban festival dengan lebih luas, lebih global dan lebih banyak [dari] penonton bioskop daripada sebelumnya.” 

Fremaux mengemukakan, “Cannes telah terhubung dengan generasi penggemar film berikutnya dengan menawarkan mereka kesempatan untuk mengalami festival tersebut melalui program '3 Days in Cannes'" sejak 2018. Inisiatif ini memilih hampir 2.000 orang berusia antara 18 hingga 28 dari seluruh dunia untuk menghadiri festival yang bermula pada 1946. Seperti tahun-tahun sebelumnya, festival tahun ini akan dihelat pada pertengahan Mei. (Variety/M-2) 

BERITA TERKAIT