20 January 2022, 09:42 WIB

Lakukan Cara ini Agar Kucing Peliharaan tidak Merusak Sofa di Rumah


Nike Amelia Sari | Weekend

Kucing sering kali terlihat menggaruk beberapa perabotan di rumah, termasuk sofa. Untuk kita ketahui, perilaku hewan tersebut bertujuan menghilangkan lapisan mati dari cakarnya dan menjaganya tetap tajam. Selain itu, kucing menggaruk untuk menandai wilayah mereka dan juga mencari perhatian.

Meski begitu, salah satu perilaku dari kucing ini tidak disukai banyak orang karena cenderung merusak barang-barang perabotan di rumah. Sifat alami dari kucing ini tak dapat dihentikan namun dapat dicegah dengan melatih kucing untuk menggaruk di tempat lain. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan secara konsisten untuk mencegah kucing menggaruk furnitur rumah, seperti dikutip dari petkeen.com, situs pecinta hewan.

1. Sediakan tiang garukan
Mulai prosesnya dengan menyediakan tiang garukan. Cobalah untuk membuat tiang dengan jenis kain yang meniru kain area favorit kucing saat biasanya menggaruk. Tentu saja, ini memiliki kemungkinan besar untuk menjadi area menggaruk yang mereka sukai.

2.Tempatkan tiang garukan secara strategis
Langkah selanjutnya adalah menempatkan tiang garukan di tempat yang tepat untuk membantu membuatnya menarik bagi hewan Anda. Pilih tempat yang disukai kucing Anda. Perlu diketahui bahwa salah satu alasan utama kucing menggaruk adalah untuk menandai wilayah mereka. Seringkali, kucing suka menggaruk setelah tidur siang sehingga Anda bisa menempatkan tiang garukan di area sekitar tempat tidur siangnya.

3. Alihkan dari Sofa
Langkah selanjutnya adalah membuat sofa tidak menarik bagi kucing. Gunakan semprotan atau lapisan vinil untuk membuatnya tidak menarik. Jika kucing beralih ke perabot yang berbeda, lakukan hal yang sama pada perabot tersebut.

4. Bangun minat kucing pada tiang garukan
Selanjutnya, penting untuk membuat tiang garukan semenarik mungkin. Anda dapat menaburkannya dengan catnip, sejenis tanaman yang disukai kucing atau menggunakan mainan favorit mereka untuk mengarahkan mereka ke area tiang garukan. (M-4)

 

BERITA TERKAIT