14 January 2022, 01:05 WIB

Pakai Masker Kini Dianggap Lebih Berdaya Tarik Lho


Galih Agus Saputra | Weekend


Perspektif sesorang terhadap masker penutup wajah rupanya telah berubah selama masa pandemi Covid-19. Jika dulu masker penutup wajah selalu diasosiasikan dengan gangguan kesehatan tertentu, kini justru dianggap menambah daya tarik.

Hal demikian terungkap berdasarkan eksperimen yang dilakukan para peneliti dari Cardiff University, Wales, pada Februari 2021 lalu. Dalam eksperimen itu mereka mencoba bertanya kepada 40 perempuan terkait wajah seseorang di hadapannya.

Puluhan perempuan itu diminta untuk memberikan penilaian skala 1-10. Adapun wajah seseorang di hadapannya dikelompokkan menjadi empat bagian, mulai dari mereka yang tidak mengenakan masker, mengenakan masker kain, masker medis berwarna biru, hingga mereka yang setengah wajahnya ditutupi dengan buku warna hitam.

Michael Lewis, yang berasal dari Fakultas Psikologi, Cardiff University mengatakan hasil penelitian menunjukan responden lebih tertarik dengan mereka yang mengenakan masker medis. Menurutnya, perspektif ini dapat muncul karena kini orang-orang sudah 'lebih dekat' dengan petugas medis.

"Pada saat kita merasa rentan, kini kita menganggap bahwa pemakaian masker medis meyakinkan dan merasa lebih positif terhadap pemakainya," terangnya, seperti dilansir dari The Guardian, Jumat, (14/1).

Hasil eksperimen kali ini, menurut Lewis, berkaitan dengan psikologi evolusioner. Bukti adanya suatu penyakit yang bisa sangat mematikan memainkan peran yang tidak kalah besar pada seseorang dalam memberi penilaian pada orang lain.
 
Lewis mengatakan, keberadaan masker juga telah mengalihkan perhatian seseorang, yang mana kini cenderung lebih mengarah ke mata. Hasil eksperimen pertama tersebut kini telah dipublikasikan di jurnal Cognitive Research: Principles and Implications.

Dalam eksperimen keduanya nanti, Lewis juga akan melakukan eksperimen serupa. Akan tetapi, nantinya giliran para pria yang akan diminta menilai wajah perempuan. Meski eksperimen belum dilakukan, Lewis sudah menduga hasilnya kurang lebih akan sama.

“Pandemi telah mengubah psikologi kita dalam cara kita memandang pemakai masker.  Ketika kita melihat seseorang memakai masker, kita tidak lagi berpikir 'orang itu memiliki penyakit'," pungkasnya. (The Guardian/M-2) 

BERITA TERKAIT