13 January 2022, 14:45 WIB

Ini Makna di Balik Jaket Motor Presiden


Andhika prasetyo | Weekend

INDONESIA Memimpin. Demikian tulisan yang tertera di bagian belakang jaket yang dikenakan Presiden Joko Widodo saat meninjau kesiapan insfrastruktur MotoGP Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (13/1).

Frasa tersebut sarat akan makna. Melalui jaket dan tulisan itu, kepala negara ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia sudah siap, terutama dalam menjadi Presidensi G20 tahun ini.

Irvan Octria, pemilik Rabbit and Wheels, produsen yang membuat jaket tersebut mengaku bahwa desain dan tulisan Indonesia Memimpin merupakan permintaan langsung dari Presiden Jokowi.

Tidak hanya itu, mantan wali kota Surakarta tersebut juga meminta detail lain berupa angka 76 sebagai tanda usia kemerdekaan RI.

"Semua itu request Bapak Presiden. Beliau juga meminta angka 76 di bawah bagian jaket sebagai tanda 76 tahun Indonesia merdeka," ujar Irvan melalui keterangan tertulis, Kamis .

Baca juga: Presiden: Indonesia Siap Gelar MotoGP Mandalika

Irvan mengatakan jaket tersebut hanya dibuat satu, khusus untuk Presiden Jokowi. Pihaknya tidak bisa mengabulkan jika ada masyarakat yang ingin membuat jaket yang sama persis seperti itu.

"Namun, kami siapkan jaket yang menyerupainya bila ada masyarakat yang menginginkan. Lay-out nya menyerupai, tetapi desainnya berbeda," tandasnya.

Selain jaket, seluruh pakaian dan kelengkapan yang dikenakan Jokowi saat melekukan kunjungan kerja ke NTB juga merupakan karya anak bangsa. Helm yang ia kenakan dibuat oleh RSV Helmet, produsen asal Bandung. Sarung tangannya merupakan buatan Bellissimo asal Tangerang.

Sementara itu, celananya merupakan celana khusus berkendara motor hasil produksi Continmoto asal Cimahi, dan sepatunya merupakan produk Nah Project asal Bandung. (P-5)

BERITA TERKAIT