12 January 2022, 08:45 WIB

Pelatnas UTBK sebagai Salah Satu Upaya Siswa Menembus PTN


Galih Agus Saputra | Weekend

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) hingga kini masih menjadi pilihan pendidikan tinggi utama bagi banyak pelajar Indonesia. Institusi pendidikan itu menjadi primadona bukan hanya karena akreditasinya yang baik, namun juga karena biaya pendidikan yang relatif lebih terjangkau.

Namun begitu, proses untuk dapat diterima di PTN seringkali tidaklah mudah. Biasanya pelajar Indonesia harus berjuang melewati proses seleksi masuk terlebih dahulu seperti SNMPTN, UTBK-SBMPTN, dan Ujian Mandiri. Dari ketiga jalur tersebut, UTBK ialah yang paling diincar karena memiliki kuota besar.

Pada 2021, misalnya, ada 777.858 pelajar Indonesia yang tercatat sebagai peserta UTBK-SBMPTN. Sementara mereka yang dinyatakan lulus hanya 23,78% dari jumlah total peserta. Ketatnya persaingan itu lantas mendorong Ruangguru untuk meluncurkan Pelatnas UTBK, pada Selasa (11/1), sebagai program holistik untuk persiapan sukses siswa menghadapi ujian tulis berbasis komputer.

Pada peluncuran program itu ditampilkan peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii yang menjadi inspirasi di balik pemilihan nama program Pelatnas UTBK. Sosoknya dirasa memahami makna perjuangan menuju keberhasilan, sebagai proses panjang yang membutuhkan kesiapan mental dan konsistensi. Maka dari itu pula Pelatnas UTBK ini dihadirkan ke dalam dua bentuk pendekatan. Pertama ialah program untuk mengasah kemampuan teknis, dan kedua ialah program kesiapan mental untuk membangun motivasi dan konsistensi belajar para pelajar

"Kalau jago secara teknis aja nggak menjamin keberhasilan kita. Menjaga motivasi serta pola latihan yang terarah, itu kunci sukses yang sebenarnya. Jadi, buat memastikan keberhasilan, kita butuh program yang jelas," tutur Greysia.

Dalam rilisnya yang diterima Media Indonesia, Selasa (11/1), VP Marketing Ruangguru, Ignatius Untung Surapati  menyatakan kemampuan intelektual tinggi tidak selalu menjamin seseorang untuk berhasil di dalam bidang yang mereka tekuni, karena kepintaran bukanlah satu-satunya faktor penentu keberhasilan.

"Karena begitu banyak materi pelajaran yang perlu dikuasai dalam waktu yang relatif singkat.  Meskipun latihan soal merupakan kunci penting keberhasilan,  menjaga motivasi, disiplin, dan konsistensi dari awal persiapan hingga UTBK justru menjadi tantangan nyata bagi para pelajar," ujarnya. (M-4)

BERITA TERKAIT