11 January 2022, 15:23 WIB

Menjaga Lingkungan Sehat dengan Hewan Peliharaan


Rosmery Sihombing | Weekend

DATA yang dikeluarkan Euromonitor 2021, sebuah perusahaan riset pasar yang berbasis di London, populasi peliharaan kucing dan anjing di Indonesia meningkat dari 2017 hingga 2021, khususnya di saat pandemi covid-19.

Kebijakan pemerintah dalam menerapkan pembatasan jumlah orang berkumpul dan tidak  bepergian, membuat orang  memilih memelihara hewan peliharaan pun meningkat. 

"Pasalnya, interaksi dengan hewan peliharaan disebut dapat menghilangkan kejenuhan maupun  stress. Selain itu,  juga  efektif  untuk  menjaga  kesehatan  jasmani  dan  rohani," ujar Presiden  Direktur  PT  Uni-Charm Indonesia Tbk, Yuji Ishii, saat meluncurkan  Deo-Toilet  untuk  kucing  dan  Deo-Sheet  untuk  anjing. 

Baca juga: Makanan Sehat akan Digandrungi pada 2022

Kedua produk itu, lanjutnya, sebagai bentuk kontribusi di dalam penyediaan lingkungan yang sehat dan higienis agar pemilik 
hewan dan hewan peliharaan dapat hidup berdampingan dengan bahagia.  Mengutip data Euromonitor 2021, Yuji mengatakan, populasi peliharaan kucing di Indonesia meningkat dari tahun 2017 hingga 2021 sebesar 129%, dan anjing naik menjadi 117%.  Pasar kategori  pasir kucing (untuk kucing buang kotoran) pun meningkat  108% dibanding 2017.

"Peningkatan itu seiring dengan kesadaran  terhadap  kebersihan  terus  menguat  karena  pemilik  hewan  hidup  bersama  dengan  hewan  peliharaan mereka," tambah Yuji.  

Namun sayangnya, jelasnya lagi, menurut riset internal yang dilakukan perusahannya, penyaringan bau, kepraktisan, dan kemudahan pembersihan masih menjadi kebutuhan yang belum terpenuhi konsumen.  
 
"Untuk itulah, kami  ingin  menghilangkan  rasa  ketidakpuasan  konsumen  itu dengan Deo-Toilet  untuk  kucing.  Meskipun  diletakkan  di  dalam  ruangan  tertutup  selama  1  minggu namun akan tetap bersih dan tidak bau," imbuhnya. 

Demikian pula dengan Deo-Sheet  untuk  menjawab  kebutuhan anjing peliharaan dalam hal buang air kecil. "Berdasarkan riset yang dilakukan Unicharm  Jepang, mengenai produk perawatan ekskresi anjing, kami mengetahui tidak bocor. Deo-Sheet  dapat menyerap urin, antibau dengan daya  penyerapan  2x  lebih  efektif,  serta  memberikan  keharuman  lembut  yang  menyenangkan  bagi anjing peliharaan.(H-3)

BERITA TERKAIT