20 December 2021, 15:35 WIB

Akhirnya, Ilmuwan Temukan Kaki Seribu yang Memiliki 1000 Kaki


Nike Amelia Sari |

MESKI bernama kaki seribu, hewan yang bernama lain luwing ini nyatanya tidak umum memiliki jumlah kaki 1000. Sejauh ini, pemegang rekor sebelumnya untuk kaki seribu dengan jumlah kaki terbanyak adalah spesies kaki seribu California, Illacme plenipes, yang dilaporkan pada tahun 2012. Pada betina spesies itu memiliki hingga 750 kaki, mengungguli pejantan yang hanya memiliki jumlah kaki maksimum 562.  

Namun baru-baru ini ilmuwan di Australia akhirnya menemukan kaki seribu yang memiliki kaki sesuai namanya. Penemuan itu terjadi di sebuah tambang di Eastern Goldfields Province, Australia Barat. Kaki seribu yang ditemukan di memiliki panjang hanya 0,3 inci atau 0,762 sentimeter dan banyak kaki sekitar 1.306 kaki. Jumlah kaki ini berarti lebih banyak dari hewan mana pun di bumi.

Dilansir dari dailymail.co.uk, Kamis (16/12), penemuan itu dilakukan oleh Paul Marek di Virginia Tech di Blacksburg bersama timnya. Hewan yang ditemukan di kedalaman 60 meter ini termasuk dalam spesies baru yang diberi nama Eumillipes persephone. Spesies tersebut tidak memiliki mata, memiliki 330 segmen tubuh, kaki pendek, dan kepala berbentuk kerucut dengan antena dan paruh.

Lipan dan kaki seribu masing-masing tidak memiliki 100 dan 1.000 kaki, terlepas dari namanya. Nama "kaki seribu" diterjemahkan dari bahasa Latin menjadi seribu kaki (dari mille "seribu" dan pes "kaki"), jelas para penulis dalam jurnal yang baru-baru ini diterbitkan di Scientific Reports.

Kedua antena pada binatang yang baru ditemukan ini digunakan untuk navigasi, untuk menutupi kekurangan penglihatannya.  Sekarang, analisis hubungan antar spesies menunjukkan bahwa E. persephone berkerabat jauh dengan Illacme plenipes. (M-1)

BERITA TERKAIT