09 December 2021, 07:00 WIB

Instagram Siapkan Notifikasi Pengingat Rehat Sosial Media


Putri Rosmalia | Weekend

Bermain media sosial, terutama instagram memang mengasyikan hingga tak jarang sampai lupa waktu. Namun, kini pihak pengelola aplikasi tersebut bakal menguingatkan jika penggunanya sudah terlalu kelamaan memeloti layar ponsel lewat sebuah fitur baru.

Pihak instagram mengumumkan fitur baru bernama Take a Break tool. Fitur itu akan hadir berupa notifikasi atau pengingat bagi penggunanya agar melakukan rehat sementara dari aplikasi tersebut.

Lewat fitur baru ini, aplikasi sosial media yang juga bagian dari Meta (dulu Facebook) itu sepertinya ingin menjawab tudingan bahwa mereka tidak serius melakukan perbaikan untuk melindungi mental anak dan remaja.

Dilansir dari cnn.com, Rabu, (8/12), pihak Instagram mengatakan, notifikasi akan muncul setelah mendeteksi aktivitas yang terlalu lama sebuah akun di Instagram. Misalnya setelah lebih dari satu jam melakukan penelusuran.

Selain itu, pengguna juga dapat melakukan pengaturan untuk menentukan waktu penggunaan Instagram sebelum notifikasi muncul. Tersedia beberpa pilihan waktu pengingat seperti 10, 20, dan 30 menit.

Fitur itu saat ini baru mulai bisa digunakan di beberapa negara yakni AS, Kanada, Inggris, Australia. Namun, juga tetap masih dalam pengembangan.

Head of Safety and Well-Being Instagram, Vaishnavi J, mengatakan fitur ini masih terus dimaksimalkan. Ditargetkan baru benar-benar akan jadi secara total pada 2022 mendatang.

Setelah bisa berfungsi secara total dan global, Vaishnavi mengatakan fitur itu akan bisa jadi bagian penting dalam upaya mencegah dampak negatif media sosial bagi remaja.(M-4)

 

BERITA TERKAIT