08 December 2021, 14:30 WIB

Setelah Tas, Kini Hadir Juga Jaket Kulit Vegan


Galih Agus Saputra | Weekend

PERUSAHAAN biomaterial asal San Francisco, Amerika Serikat (AS) Myco Works, terus mengembangkan berbagai produk dengan material kulit vegan. Setelah sukses membuat tas, Myco Works baru-baru ini berhasil membuat jaket kulit vegan.

Kulit vegan bukanlah material kulit asli yang berasal dari kulit binatang. Material ini dibuat miselium jamur. 

Material kulit vegan kreasi terbaru mereka dikatakan lebih lembut dan fleksibel ketimbang produk sebelumnya. Sebab itu dapat digunakan sebagai jaket. 

"Bahan ini juga dapat memberikan sensasi emosional seperti yang kita rasakan pada kulit hewan,' kata CEO MycoWorks, Matt Scullin seperti dilansir dari Dailymail, Selasa, (7/12).

Scullin selanjutnya menjelaskan bahwa miselium adalah struktur akar jamur yang dapat diperbarui tanpa batas apapun. Proses daur ulangnya dapat memanfaatkan serbuk gergaji yang berfungsi sebagai pakan pendukung pertumbuhan miselium pada jamur yang dapat dipanen dalam hitungan minggu.

"Miselium murni dapat mereplikasi tampilan dan nuansa kulit sekaligus mengunggulinya dalam kekuatan dan daya tahan. Selama pertumbuhannya, miselium dapat mencapai 'kekuatan dan daya tahan yang tak tertandingi," imbuhnya.

Material kulit vegan kini semakin menjadi perbincangan di dunia fesyen. Kesadaran lingkungan yang semakin meningkat membuat rumah mode-rumah mode dunia mencari material yang lebih ramah lingkungan. (M-1)

BERITA TERKAIT