03 December 2021, 06:49 WIB

Belajar Bahagia dari Seekor Anjing


Nike Amelia ari | Weekend

Anjing suka berpetualang, ingin tahu, suka bermain, dan mereka menemukan kebahagiaan dalam hal-hal dasar dan sederhana. Di dunia, orang-orang mengejar kebahagiaan diperumit oleh konsumerisme dan materialisme sehingga mereka meninjau bahwa kebahagiaan hanya bisa didapatkan dari seputar hal tersebut.

Padahal, rasa bahagia tak hanya seputar itu .Ia dapat berakar dari hal-hal sederhana yang kita lakukan setiap harinya. Inilah yang coba dipelajari oleh Caroline Kamau, Ph.D., di Departemen Psikologi Organisasi dan Pusat Humaniora Medis Birkbeck di Birkbeck, University of London.

"Saat saya duduk di sini bersama anjing berbulu saya yang cantik, saya diingatkan bahwa anjing memiliki ragam kebahagiaan yang luar biasa, dan saya bertanya-tanya apa yang dapat kita pelajari dari mereka," katanya, dikutip dari psychologytoday.com, Rabu (1/12).

Lalu, apa sebenarnya yang dapat dipelajari seseorang dari anjing tentang kebahagiaan? Berikut beberapa hal yang dapat dipelajari manusia tentang kebahagiaan dari seekor anjing yang ditulis oleh Caroline Kamau.

1. Merangkul kepuasan
Belajar menjadi puas ialah keterampilan yang ingin didapatkan terutama dalam masyarakat individualistis di mana penghargaan sosial dan materi kerap kali dihasilkan dari persaingan dan ambisi. Tetapi, dalam prosesnya, orang sering lupa untuk puas dengan aspek kehidupan yang paling mendasar, seperti adanya sinar matahari setelah seminggu hujan atau kenyamanan minuman panas di meja saat Anda bekerja.

Anjing mungkin telah hidup bersama manusia selama berabad-abad, tetapi mereka tampaknya tidak lupa betapa bahagianya mereka karena memiliki makanan yang enak atau selimut yang hangat. Pikirkan tentang bagaimana Anda bisa puas dengan hal-hal dasar dalam hidup dengan memikirkannya dan menikmatinya, seperti yang dilakukan anjing.

2. Temukan kesenangan dalam rutinitas
Anjing menyukai rutinitas dan mereka ingin memiliki kejelasan tentang apa yang biasanya terjadi sepanjang hari. Selain itu, hwan itu juga paham akan tanda-tanda hal yang menyenangkan yang akan terjadi seperti tali penuntun yang dikenakan di badan mereka yang menandakan bahwa dia bersama si pemilik akan jalan-jalan bersama.

Anjing menyukai pengulangan dalam apa yang terjadi di sekitar mereka lantaran memberi mereka kenyamanan dan kepastian. Oleh sebab itu, berusahalah untuk bangun lebih awal dan tidur pada waktu yang ditentukan.

Jadikan pekerjaan menyenangkan, jika bisa, dengan menambahkan hal-hal yang Anda suka, seperti musik latar dan istirahat singkat seperti duduk di taman atau melihat ke luar jendela. Selain itu, luangkan waktu Anda untuk rutinitas yang menyenangkan, seperti mendengarkan musik, berolahraga, membaca sesuatu atau menonton acara televisi yang disuka.

3. Luangkan waktu untuk bermain
Banyak orang menghabiskan waktu luang mereka dengan cara yang dipikir-pikir mungkin mereka anggap sia-sia, seperti waktu di media sosial, yang menurut penelitian dapat membuat orang merasa cemas dan depresi.

Tambahkan rencana untuk meluangkan waktu setiap hari, seperti yang dilakukan anjing. Bagi manusia, bermain dapat melibatkan latihan fisik atau latihan intelektual (misalnya, membaca buku yang bagus, asyik dengan hobi, atau tertawa bersama orang lain). Temukan apa yang Anda suka saat melakukannya dan luangkan waktu untuk itu setiap hari.

4. Jangan hentikan kebahagiaan
Anjing tidak menghentikan kebahagian mereka sementara akibat belum berhasil mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Anjing tidak akan mengatakan seperti, "Yah, saya sibuk sekarang, tetapi saya akan bahagia setelah saya mencapai X, atau saya akan menunggu sampai saya mendapatkan Y untuk bahagia."

Jadi, anjing selalu mendapatkan kebahagiaan dengan tak harus menunggu hal tersebut. Oleh sebab itu, cobalah menjalani kehidupan di mana Anda menjalani hari dengan merengkuh setiap momen yang ada untuk meraih kebahagiaan dimanapun.(M-4)

 

BERITA TERKAIT