01 December 2021, 07:15 WIB

Dari Addie MS sampai Padi Reborn Ramaikan Konser Amal Nahdlatul Ulama


Niken Amelia Sari | Weekend

Gelaran konser musik amal Koin Muktamar digelar tahun ini oleh panitia Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) pada 13 Desember mendatang. Konser yang bertajuk "Road To Lampung" ini akan dilangsungkan secara hybrid (luring dan daring) pukul 20.00-22.00 Wib dan dimeriahkan oleh komponis Addie MS hingga Padi Reborn.

Selain itu, Habib Luthfi ft Seroja dan Gus Miftah juga turut memeriahkan konser amal ini. Addie MS akan berkolaborasi dengan Habib Luthfi, seorang ulama berpengaruh di Indonesia sekaligus ketua Forum Sufi Internasional dan sebagai Ra’is ‘Am jam’iyah Ahlu Thariqah al Mu’tabarah an Nahdiyah.

Konser amal ini menjadi wadah untuk penggalangan dana donasi dan partisipasi warga untuk mendukung terselenggaranya Muktamar NU ke-34. Konser akan dimeriahkan oleh Addie MS, Padi Reborn. Ketua Organizing Committe (OC) Panitia Muktamar NU 34, K.H. Imam Azis mengatakan jika pertunjukan musik dipilih lantaran sebagai sarana ekspresi budaya yang bersifat universal dan multinasional yang merepresentasikan nilai-nilai luhur.

"Dengan membawa semangat kebersamaan dan kemandirian, Konser Amal Koin Muktamar menjadi wadah penyejuk ditengah-tengah persiapan pelaksanaan Muktamar NU dengan menghadirkan Habib Luthfi ft Seroja, Addie MS, Padi Reborn dan Gus Miftah dalam satu panggung," ujarnya saat hadir dalam konferensi pers hybrid Konser Amal Koin Muktamar, Selasa (30/11).

Lebih lanjut, pada tahun ini, koin yang dikumpulkan dari menggalakan konser amal ini dengan menerapkan format baru dari sebelumnya yaitu lewat pengumpulan secara digital yang bekerja sama dengan LAZIZ (Lembaga Amal Zakat, Infaq, dan Sedeqah) NU.

"Program Koin Muktamar ini sudah dilaksanakan dan dilakukan kira-kira setahun yang lalu dalam persiapan penyelenggaran Muktamar. Jadi, ini yang sangat luar biasa dan diapresiasi partisipasi dari warga Nahdliyin maupun juga para simpatisan NU yang sudah memberikan donasi luar biasa," jelasnya.

"Kita mulai dari pengurus wilayah, pengurus cabang sampai ranting-ranting NU sudah menggalakan donasi yang jumlahnya sangat fantastis menurut saya untuk pengumpulan koin sampai saat ini sudah terkumpul sudah 2,6 miliar untuk koin," lanjutnya.

Dia juga mengatakan bahwa dia bersama panitia lainnya merasa bangga karena dapat melibatkan keikutsertaan banyak orang untuk ikut berkontribusi. Selain koin, juga adanya sumbangan-sumbangan berupa barang, seperti beras, ikan, sapi, kambing, dan partisipasi warga meminjamkan mobil.

Sejalan dengan ini, Kyai Habib Sholeh selaku Koordinator Seksi Pameran, Hiburan, dan Bazzar juga menyampaikan bahwa pada kesempatan sebelumnya, koin-koin dikumpulkan lewat model jamaah yang mengadakan kegiatan rutin seperti pengajian dan lainnya, namun kali ini diadakan konser musik.

Lebih lanjut, dia mengatakan lewat menonton konser musik ini, para penonton dapat memberikan donasi untuk terselenggaranya Muktamar NU ke-34. "Untuk offline penonton dibatasi 35% saja dan yang online dapat menonton dengan menyumbangkan Rp15 ribu untuk bisa nonton secara online. Adapun yang offline ada beberapa donasi yang  ditentukan ada Rp15 ribu, Rp8.500, dan ada Rp2.500, ini untuk menghimpun partisipasi para jamaah yang memang ingin berpartisipasi dalma kesuksesan Muktamar di Lampung yang akan datang," pungkasnya.

Konser Amal Koin Muktamar ke-34 ini akan digelar secara hybrid dengan 35% jumlah penonton yang hadir secara langsung di Balai Sarbini, Jakarta dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sedangkan penonton lainnya dapat menikmati konser ini secara daring dan tiketnya dapat dipesan melalui www.loket.com. (M-2)

BERITA TERKAIT