27 November 2021, 08:17 WIB

Desainer Inggris Rilis Busana Trendi untuk Pengguna Kursi Roda


Putri Rosmalia | Weekend

Industri fesyen saat ini semakin membuka diri untuk bisa mengembangkan produknya. Mulai dari pakaian yang lebih bisa mengakomodir ragam ukuran dan bentuk tubuh, warna kulit, dan yang terbaru ialah busana yang untuk pengguna kursi roda.

Dilansir dari vogue.com, Jumat, (26/11), tak sekadar pakaian, busana yang dikembangkan dibuat agar pengguna kursi roda tetap bisa tampil modis dengan busana trendi yang kekinian. selain itu juga tetap nyaman dan mudah digunakan.

Busana untuk penyandang kursi roda ini telah dirilis dan terus dikembangkan oleh komunitas desainer independen di Inggris, Oxford Fashion Studio. Inisiator utama gerakan tersebut ialah seorang ibu muda bernama Faduma Farah yang juga penyadang disabilitas.

Farah pertama kali membuat gerakan fesyen yang lebih ramah disabilitas itu pada awal tahun 2021. Ia kemudian mendapatkan dukungan dari Oxford Fashion Studio untuk mulai mengembangkan desainnya. Hasilnya, Farah berhasil membuat enam busana trendi yang relevan untuk digunakan pengguna kursi roda dan telah ditampilkan pada London Fashion Week September 2021 lalu.

“Pilihan pakaian menarik yang ada untuk pengguna kursi roda di pasaran sangat terbatas. Setiap orang memiliki bentuk tubuh dan kebutuhan yang berbeda. Termasuk bagi pengguna kursi roda,” ujar Farah.

Selain desain, keenam busana yang dibuat Farah  juga mengedepankan kenyamanan, kemudahan, serta bentuk tubuh mayoritas pengguna kursi roda. Seperti ruang yang lebih besar di bagian pinggang dan kelenturan di bagian pundak. Semua itu ia tentukan berdasarkan pengalaman pribadinya dalam memilih pakaian setiap akan beraktivitas lama di luar rumah.

Model yang ditampilkan di antaranya setelan blazer dengan celana kulot berwarna dusty pink dan kemeja berpotongan tinggi di bagian pinggang hingga long blazer berpotongan oversized.

 

BERITA TERKAIT