14 November 2021, 08:50 WIB

Novelis Legendaris Wilbur Smith Tutup Usia


Basuki Eka Purnama | Weekend

NOVELIS legendaris Wilbur Smith tutup usia di usia 88 tahun, Sabtu (13/11).

"Penulis Wilbur Smith meninggal secara mendadak sore ini di kediamannya di Cepe Town setelah pada pagi harinya masih membaca dan menulis didampingi istrinya Niso," ungkap laman daring Wilbur Smith Books dalam sebuah pernyataan resmi.

Dengan menelurkan 49 buku sejak karya pertamanya When the Lion Feeds pada 1964, Smith sukses menjadi nama besar di dunia literatur.

Baca juga: Kegelisahan Ziggy dalam Dongeng yang tidak Biasa

"Sebagai pakarnya kisah petualangan, Wilbur Smith sukses menghasilkan novel yang menarik banyak penggemar selama setengah abad terakhir. Novelnya terjual sebanyak lebih dari 140 juta kopi dan telah diterjemahkan dalam lebih dari 30 bahasa," lanjut laman daring Wilbur Smith Books.

Karyanya yang paling terkenal, Courtney Series, memiliki kisah yang terpanjang dalam sejarah. Buku itu menceritakan kisah yang berjalan selama tiga abad, melewati akhir periode kolonial di Afrika ke Perang Sipil di Amerika, dan apartheid di Afrika Selatan.

"Dalam 49 novel yang telah diterbitkannya, dia sukses membawa para pembacanya ke tambang emas di Afrika Selatan, aksi pembajakan di Samudera Hindia, harta karun di pulau tropis, konflik di Arab dan Khartoum, Mesir purba, Perang Dunia II di Jerman dan Paris, India, Amerika, dan Antartika, serta berhadapan dengan pencuri berlian dan pedagang budak di hutan Afrika." (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT