01 November 2021, 05:45 WIB

Nonton Musikal Horor di Rumah Aja


Galih Agus Saputra |

Galeri Indonesia Kaya kembali menghadirkan salah satu program andalannya di tengah pandemi Covid-19 yakni 'Nonton Teater di Rumah Aja'. Berbeda dari seri sebelumnya, kali ini Galeri Indonesia Kaya menghadirkan pertunjukan dengan genre baru yakni musikal horor berjudul 'Ibu'.

'Ibu' bercerita seorang perempuan bernama Atikah yang ditinggalkan ibunya setelah melahirkan. Akibat hal itu pula, hubungan Atikah dan ayahnya, Pieter menjadi kurang harmonis. Sehari-hari, Atikah hanya ditemani seorang Bibi dan anaknya yang bernama Soma.

Dalam hidupnya, Atikah juga mengenal Surya yang mengurus perkebunan Pieter. Namun kemudian, Surya ternyata memiliki hasrat untuk menguasai perkebunan tersebut, termasuk ingin memiliki Atikah.

Sutradara musikal horor ini, Aditya Purwa Putra menjelaskan pertunjukan kali ini akan mengajak penonton menyusuri era kolonial Belanda di wilayah Jawa Barat. Sepanjang pertunjukan, mereka juga akan disuguhi nuansa dingin dan berkabut, sekaligus diselingi beberapa bagian cerita yang akan memberikan sedikit kontras.

"Dalam pemilihan warna, kami ingin menciptakan kesan romantis tetapi dingin. Nuansa 'tua' menciptakan perasaan kosong seperti lamunan yang berlangsung terus menerus.  Kami tidak ingin yang melihat untuk merasakan sekadar takut, tapi lebih kepada perasaan gelisah, tidak tenang dan cemas,“ terang Aditya, seperti dilansir dari siaran pers yang diterima Media Indonesia, Minggu, (31/10).

Penara musik musikal horor ini, Ammir Gita menambahkan warna musik dalam musikal kali ini cenderung lebih romantis. Meski begitu ia juga akan terdengar sedikit gelap dan getir.  Dengan referensi musik klasik Eropa yang dipadukan dengan musik tradisional Jawa Barat, Ammir berharap sentuhannya dapat melahirkan sebuah warna musikal baru.

"Nada-nada modern yang mengandung unsur etnis dengan moda pentatonis menjadi dasar dari penulisan lagu-lagu yang ditulis secara tematik sehingga mudah diingat. Beberapa suara dan frekuensi tertentu akan digunakan untuk membangun suasana yang gelap, dingin, dan membuat perasaan tidak nyaman,” ujar Ammir.

Selain diproduseri Aditya dan Ammir, musikal horor 'Ibu' juga diproduksi bersama Andrea Miranda dan Titien Wattimena yang keduanya berperan sebagai produser eksekutif bersama Bayu Pontiagust. Ide cerita dicetuskan IMP Creative dan naskahnya ditulis Titien Wattimena. Pertunjukan ini mulai tayang secara daring pada Kamis, 4 November hingga Sabtu, 6 November di laman Indonesia Kaya.(M-4)

BERITA TERKAIT