25 October 2021, 06:11 WIB

Ini Penyebab Kulit Kemerahan dan Gatal Usai Berolahraga


Nike Amelia Sari | Weekend

Sejumlah orang mungkin mengalami kemerahan dan gatal setelah berolahraga di beberapa bagian kulit. Biasanya rasa gatal itu terjadi sekitar kulit kaki, paha, dan perut. Lalu, apakah benar jika kondisi ini termasuk reaksi alergi terhadap olahraga?

Dokter spesialis kulit dan kelamin, dokter Arthur S., SpKK, FINSDV memberikan penjelasan terkait kondisi tersebut. "Ini karena ketika kita berolahraga, jantung memompa darah dan oksigen terlalu banyak ke otot-otot yang sedang dipakai," jelas dokter Arthur di akun instagram pribadinya @dokterkulitkucom, belum lama ini..

Hal tersebut, menurut dia, membuat pembuluh-pembuluh darah mengembang dan menstimulasikan sel-sel saraf yang membuat kulit menjadi gatal. Sejumlah faktor dapat menyebabkan kondisi ini di antaranya kondisi kulit yang sensitif, olahraga yang terlalu keras di cuaca yang panas atau dingin, hingga kondisi tubuh yang sudah terlalu lama tidak berolahraga.

Dokter Arthur mengatakan jiika rasa gatal dan kemerahan muncul di beberapa area kulit setelah berolahraga, cukup dikompres dingin di area yang gatal tersebut. Selain itu, dia menyarankan bagi mereka yang berolahraga  berat atau lari jauh, dapat mengenakan kaos kaki kompresi. Penggunaan ini juga bisa membantu sirkulsi darah dan mencegah kulit gatal dan kemerahan.

Melansir dari healthline.com, untuk meredakan kaki yang gatal dapat dilakukan dengan pengobatan  alami seperti mandi air hangat dengan oatmeal atau soda kue. Oleskan gel lidah buaya atau kompres dingin di area kulit yang gatal. Untuk meningkatkan sirkulasi kaki, dapat mengenakan stoking kompresi dan angkat kaki selama 15 menit beberapa kali dalam sehari.

Penting diketahui, apabila gatal diikuti dengan pusing, sulit bernapas, gatal-gatal yang terjadi bersamaan dengan rasa nyeri atau terbakar yang parah dan tidak mereda dalam 10 menit, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. (M-4)

BERITA TERKAIT