23 October 2021, 14:15 WIB

Dibacakan Erick Thohir, Puisi Indonesia Sejati Dilelang di Festival Media Indonesia


Bintang Krisanti | Weekend

"PADA sore aku pulang, ibu berpesan, anak sungai mengalir ke jantung kelak menjadi insan pelindung...," demikian salah satu bait puisi Indonesia Sejati yang dibacakan Menteri BUMN Erick Thohir. Puisi karya penyair sekaligus jurnalis Media Indonesia, Iwan Jaconiah, itu dibacakan Erick untuk acara Indonesia Berpuisi yang menjadi rangkaian Festival Bahasa dan Sastra 2021: Indonesia Sejati yang digelar Media Indonesia.

Selain Erick, menteri lainnya yang ambil bagian membacakan puisi untuk acara yang berlangsung 29 Oktober 2021 itu adalah Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Menkominfo Johnny G Plate, Menparekraf Sandiaga Uno, dan Mendikbudristek Nadiem Makarim. Kelima menteri ini membacakan puisi dalam rekaman video, sementara saat acara berlangsung akan ada pula pembacaan puisi langsung dari sejumlah pejabat negara lainnya, salah satunya adalah Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat.

Indonesia Sejati digelar Media Indonesia untuk merayakan Hari Sumpah Pemuda sekaligus Bulan Bahasa. Rangkaian acara festival ini telah dimulai sejak pertengahan September 2021 dengan dimulainya pendaftaran lomba cerpen.

Dalam puncak acara, selain Indonesia Berpuisi dan pengumuman pemenang lomba cerpen, akan ada pula lelang tulisan tangan dari puisi-puisi karya enam penyair kenamaan. Lelang ini menjadi aksi kemanusiaan bagi anak yatim piatu covid-19.

Selain yang dibacakan Erick, ada 10 tulisan tangan puisi lainnya yang akan dilelang, termasuk dari tiga puisi yang khusus diciptakan sastrawan dan budayawan senior Remy Sylado. Sebagai objek lelang, puisi yang ditulis tangan ini didampingi dengan ilustrasi khusus dari ilustrator Media Indonesia pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2017, Budi Setyo Widodo. Seluruh hasil lelang akan didonasikan melalui Benih Baik. (M-1)

BERITA TERKAIT